Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Hadiri Rapat Koordinasi Dan Konsultasi, Bupati Paparkan Potensi Perkebunan Boltim

Bupati Boltim, hadiri rapat koordinasi dan konsultasi pembangunan perkebunan Tahun 2017.

Boltim, detiKawanua.com - Dalam rangka mensinergikan dan menyelaraskan kegiatan perkebunan di pusat dan daerah, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH menghadiri rapat koordinasi dan konsultasi pembangunan perkebunan Tahun 2017 di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Jumat (6/10).

Pada kesempatan tersebut, Eyang sapaan akrab Bupati, memaparkan potensi perkebunan dan program pembangunan perkebunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, "kelapa, cengkeh, pala, kopi, kakao adalah contoh potensi pekebunan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur," terangnya, dihadapan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Ir. Bambang MM



Selain potensi perkebunan, kata Landjar, potensi lahan tidur dibawah pohon kelapa yang cukup luas dapat dimanfaatkan untuk tanaman pangan "luas perkebunan kelapa di Boltim sekitar 9.155 hektar dan 20% dari luas perkebunan tersebut, sekitas 1.831 hektar dimungkinkan untuk penanaman pakan ternak dan penggembalaan ternak sapi dan kambing," terangnya.

Guna mendukung program pembangunan perkebunan, pada APBD tahun 2017 telah dianggarkan untuk peningkatan produksi pertanian dan perkebunan, "intuk memacu peningkatan produksi pertanian dan perkebunan, telah dianggarkan untuk pengadaan bibit cengkeh 14.000 pohon, pengadaan bibit pala 8000 pohon dan pengadaan bibit kakao 7000 pohon pada ABPD tahun ini: ungkap, Eyang



Disisi lain, Bupati dua periode tersebut juga menyampaikan permasalahan-permasalahan yang ada dalam pembangunan perkabunan diantaranya, harga sarana produksi pertanian dan keterbatasan lahan serta adanya alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian.
"Harga sarana produksi pertanian mahal terutama, untuk pupuk dan pestisida juga keterbatasan lahan pengembangan tanaman perkebunan dikarenakan kurang lebih 53,06% dari luas wilayah adalah hutan," katanya. (Fidh/Adv)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 06 Oktober 2017 ,

0 komentar for "Hadiri Rapat Koordinasi Dan Konsultasi, Bupati Paparkan Potensi Perkebunan Boltim"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional