Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

FORIKAN, Satu Tekad dan Niat Majukan Sulut Sehat Konsumsi Ikan Bergizi

Manado, detiKawanua.comDalam sambutan Ketua TP-PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan saat pelantikan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Kota se-Sulut bertempat di Kompleks Marina Plasa Manado, Rabu (11/10). Isteri dari Gubernur Sulut (Olly Dondokambey) itu menyatakan bahwa sejak hari ini (Rabu) semua pengurus berkumpul dengan satu tekad dan niat memajukan Sulawesi Utara melalui peningkatan konsumsi ikan.

"Oleh para ahli  gizi telah mengakui manfaatnya ikan bagi kesehatan dan kecerdasan. Pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan terutama bagi ibu-ibu PKK yang adalah ibu dalam satu keluarga, serta baik untuk anak-anak sebagai generasi penerus bangsa," ingat Rita.

Oleh karenanya dengan meningkatkan konsumsi ikan, maka perlunya membudayakan makan ikan sejak usia dini merupakan suatu keharusan.

"Melalui gemar makan ikan (Gemarikan), diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat dan halal dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat," ungkapnya.

Adapun diakhir sambutan, Rita yang juga sebagai Ketua FORIKAN Sulut menyampaikan terimakasih sekaligus mengapresiasi kepada para Bupati/Walikota yang sudah membentuk FORIKAN di daerahnya masing-masing yang baru saja dilantik.

"Diharapkan kepada ketua FORIKAN agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan tetap bersinergi dengan pengurus pusat maupun pengurus provinsi, sehingga konsumsi ikan di Provinsi Sulut akan terus meningkat," akhirnya sembari mengharapkan bahwa bagi Kabupaten Kota yang belum membentuk FORIKAN, diharapkan untuk segera membentuknya.

Sementara itu melalui Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw dalam sambutannya selaku pemerintah provinsi memberikan apresiasi terhadap penyelenggaran kegiatan yang dimotori TP-PKK Sulut dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut.

"Atas nama pak Gubernur, saya mengapresiasi kepada yang sudah menggagas kegiatan ini. Apresiasi juga disampaikan bagi pengurus FORIKAN Kabupaten Kota yang hadir dan telah dilantik," katanya.

Kandouw juga merasa senang dengan kehadirannya FORIKAN, yang tentunya akan berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan dan kecerdasan masyarakat Sulawesi Utara.

"Paling tidak lewat ini (FORIKAN) bisa memberikan semangat untuk makin gencar, mewartakan dan mempush masyarakat untuk gemar makan ikan. Ingat, makan ikan itu sehat. Saya optimis usai pelantikan ini masyarakat akan mengkonsumsi ikan karena manfaatnya bagi kesehatan. Ini luar biasa, ketua FORIKAN di Kabupaten Kota tak lain adalah Ketua TP-PKK masing-masing daerah. Maka, saya yakin gaungnya luas sampai ke mana-mana," akhirinya.

Adapaun pada kesempatan itu pula Rita didampingi Wakil Ketua TP PKK Sulut, Martika Devi Kandouw-Tanos, telah menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Menu Serba Ikan Tingkat Provinsi Sulut.

Hadir pada kesempatan itu juga diantaranya Sekprov Sulut, Edwin Silangen, Direktur Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian KP RI, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulut, Ronald Sorongan beserta sejumlah Kepala SKPD Pemprov Sulut, Kepala UPT KKP RI di Sulut dan pengurus TP-PKK Sulut. (tim/rk)

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 12 Oktober 2017 , ,

0 komentar for "FORIKAN, Satu Tekad dan Niat Majukan Sulut Sehat Konsumsi Ikan Bergizi"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional