Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Hal Ini Salah Satu Contoh Nyata Gubernur Untuk Tingkatkan Kesejahterakan Rakyat Sulut

Minut, detiKawanua.com - Contoh nyata yang ditunjukkan oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersama Ketua TP-PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan untuk masyarakat Sulawesi Utara agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk bercocok tanam khususnya tanaman Cabai (rica) dan Tomat. Dimana pada Senin (9/10) melalui Gubernur bersama TP-PKK Sulut telah mencanangkan 'Gerakan Batanang Rica Deng Tomat' di Desa Kolongan - Minahasa Utara.

Hal itu juga menurut Gubernur, selain sebagai bentuk kebutuhan dapur masak sehari-hari (tanpa harus membeli lagi) dan mengantisipasi jika terjadinya pelonjakan harga pasaran untuk Cabai.

"Harga cabai yang sering melambung tinggi perlu dicarikan solusi atau alternatif penyelesaiannya. Karena itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengapresiasi kegiatan yang bekerjasama dengan TP PKK Sulut dan Bank Indonesia. Gerakan ini berinisiatif memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menanam cabai, bawang dan tomat hanya dengan memanfaatkan pekarangan rumah," terang Gubernur.

Selain itu Olly juga optimis terhadap gerakan menanam cabai dan tomat itu bakal berhasil dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulut.

"Kalau kita tanam cabai, tanam sayur, akan mengurangi belanja ibu rumah tangga. Mengurangi inflasi, kemudian mengurangi kemiskinan," kta Olly sembari mengatakan pentingnya peran kaum ibu dalam menyukseskan program gerakan itu.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perekonomian Sulut. Ibu-ibu pengurus PKK sangat berperan dalam mendorong keluarga-keluarga di Sulut untuk ikut menanam cabai," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Sulut, Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, bahwa dirinya berpandangan positif pada gerakan menanam cabai dan tomat tersebut merupakan langkah nyata untuk memberikan contoh bagi masyarakat Sulut.

"Program ini diharapkan mampu menggugah masyarakat, supaya memanfaatkan lahan-lahan perkarangan yang kosong. Setidaknya, bisa menanam tanaman yang mudah seperti cabai. Ini sangat berguna sekali," ungkap Rita, seraya mengapresiasikan TPID dan BI yang telah bekerjasama untuk melakukan penanaman cabai dan tomat.

"Nantinya bibit tersebut akan disebar ke seluruh anggota untuk ditanam," katanya.
Disamping itu menurut Rita, sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan, peran PKK cukup strategis terutama dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat.

"Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2013 diterangkan, pemberdayaan masyarakat melalui Gerakan PKK merupakan upaya memandirikan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan," jelas isteri Gubernur Sulut itu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Sekdaprov Edwin Silangen, (yang juga Ketua TPID Sulut), Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut, Soekowardojo, Sekretaris Umum TP-PKK Pusat Rosi Rosana Septimurni, Kepala Biro Umum yang juga Plt Kepala Biro PKKP Clay June Dondokambey, perwakilan Forkopimda dan pengurus PKK kabupaten dan kota di Sulut. Dimana pada kegiatan itu juga Gubernur Olly telah memberikan bantuan berupa cultivator dan alat tanam jagung kepada TP-PKK Sulut. (tim)

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 09 Oktober 2017 , ,

0 komentar for "Hal Ini Salah Satu Contoh Nyata Gubernur Untuk Tingkatkan Kesejahterakan Rakyat Sulut"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional