Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Seperti Petani, Gubernur Olly Panen Langsung Padi Beras Merah Untuk Rakyat Sulut

Manado, detiKawanua.com - Bertempat di ladang perkebunannya Desa Kolongan Kabupaten Minahasa Utara, pada Selasa (20/09) siang tadi, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey berhasil melakukan panen padi beras merah organik (tanpa pupuk) yang merupakan tanaman percontohan untuk selanjutnya bibitnya akan disebarkan juga kepada masyarakat Sulawesi Utara.

"Panen ini nanti tidak semua diolah karena bibit yang lain akan diserahkan kepada masyarakat. Prouktifitasnya tidak terlalu tinggi namun nilai ekonominya yang tinggi, karena beras merah harganya mahal Rp25.000 di supermarket. Makanya, ini kita tes dulu dan berhasil kemudian diberikan bantuan bibitnya kemasyarakat. Selain itu, beras merah juga sangat baik bagi kesehatan," terang Gubernur kepada wartawan usai melakukan panen menggunakan alat tractor yang dikendarai dirinya sendiri.

Dikatakannya yang saat itu hanya memakai kaos oblong, celana pendek, cepatu lars dan topi koboy juga mengatakan dengan insentif dijaga terus, maka otomatis program menanam beras bisa berjalan terus.

"Bibitnya (padi beras merah,red) ini diambil dari Balai Benih di wilayah Suka Mandi (Jawa), dan nantinya akan ada juga bibit beras Jepang yang akan dicoba dulu, kalau berhasil kita bagikan lagi ke masyarakat," ungkapnya.
Dirinya juga memastikan dalam waktu dekat bibit beras merah tersebut akan segera disalurkan. Dimana struktur kecocokan tanah di Sulawesi Utara itu bagus untuk bibit tersebut.

"Ini untuk meningkatkan pendapatan petani Sulut, supaya nilai tukar petani bisa baik," tandas Gubernur sembari mengatakan ini juga sejalan dengan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK).

Hadir mendampingi Gubernur dalam pelaksanaan panen tersebut diantaranya,  Sekrpov Sulut, Edwin Silangen, Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw, Komisaris Utama Bank Sulut, Sanny Parengkuan, Kepala Dinas Pertanian Peternakan Sulut, Arie Bororing beserta jajaran pejabat BUMN dan unsur dari Balai Benih Kementerian Pertanian.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 26 September 2017 , ,

0 komentar for "Seperti Petani, Gubernur Olly Panen Langsung Padi Beras Merah Untuk Rakyat Sulut"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional