Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Rangkaian Ziarah Pemprov Sulut HUT ke 53, Tradisi Hormati Mengenang Para Pahlawan Daerah

Sulut, detiKawanua.com - Hajatan rutin tahunan baik Hari Pahlawan, peringatan Hari Kemerdekaan RI (17 Agustus) serta HUT Provinsi Sulawesi Utara telah menjadi satu tradisi di Sulut, lebih khususnya melaksanakan ziarah makam para pahlawan daerah dan mendiang Gubernur dan Wakil Gubernur pendahulu, tidak ditemukan di daerah lain (hanya ada di Sulut) yang kesemuanya itu dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan serta mengenang akan jasa-jasa besar mereka sebelumnya yang telah memberikan sumbangsi bagi daerah tercinta Sulawesi Utara dan Bangsa Indonesia.

Seperti halnya dalam rangka menyambut HUT Provinsi Sulut ke-53 yang jatuh pada tanggal 23 September (Sabtu nanti,red), melalui Pemprov Sulut yang dipimpin langsung Gubernur, Olly Dondokambey didampingi Ketua Tim TP-PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan serta Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Wakil ketua TP-PKK Sulut, Kartika Devi Kandouw-Tanos bersama jajaran pejabat teras lingkup Pemprov Sulut telah melaksanakan ziarah diberbagai lokasi makam, seperti halnya oleh Gubernur Olly didampingi First Lady Sulut, Rita, pada Rabu (20/09) telah menggelar ziarah di makam mantan Wakil Gubernur Sulut, Alm. Freddy H Sualang di Desa Leilem Kabupaten Minahasa.

Prosesi ziarah yang dilakukan pun diawali upacara penghormatan, hening cipta, doa/ibadah bersama hingga prosesi tabur bunga yang dilakukan Gubernur bersama Ketua TP PKK Sulut didampingi Sus Sualang yang merupakan Isteri Alm. Freddy Sualang bersama Richard Sualang (Wakil Ketua Dewan Kota Manado) bersama keluarga Sualang.
Gubernur usai kegiatan tersebut pun kepada wartawan mengatakan setiap tahun dalam rangka HUT provinsi sudah menjadi suatu tradisi dan menjadi kebanggaan bagi pemerintah provinsi Sulut.

"Ini sudah menjadi tradisi setiap tahun dalam rangka menjelang HUT provinsi Sulut. Kali ini HUT provinsi Sulut ke 53, saya dan Wakil Gubernur serta jajaran untuk melakukan ziarah tabur bunga di makam para semua mantan pemimpin Sulut. Ini hal positif yang hanya ada di Sulut dan tidak dilakukan di daerah lain. Makanya tradisi ini akan kita lakukan terus," kata Gubernur Olly, sembari menambahkan bahwa anjang sana inipula merupakan silaturahmi bersama keluarga mantan pemimpin Sulut.

"Pembangunan yang ada di Sulut sekarang ini, juga adalah hasil dari tangan para pemimpin terdahulu. Sebab, membangun Sulut itu harus berkelanjutan, dan bukan hanya dilakukan oleh satu atau dua orang namun pembangunan di daerah Sulut dilakukan oleh para pemimpin-pemimpin terdahulu kita. Mudah-mudahan hal-hal seperti inilah menjadi suatu pendidikan bagi generasi kita yang mendatang, bagaimana hubungan antara pemimpin sebelumnya dan yang akan nanti selalu saling memghormati," terang Gubernur Sulut.

Sementara itu diwaktu yang sama, Wakil Gubernur, Steven Kandouw bersama rombongan telah melakukan ziarah dan tabur bunga di makam mantan Gubernur Alm. AJ Sondakh di Bukit Kasih Kanonang. 

Adapun sebelumnya pada Rabu (20/09) kemarin Taman Makam Pahlawan (TMP) Jakarta, melalui Wakil Ketua TP-PKK Sulut, Kartika Devi Kandouw-Tanos pun telah menggelar prosesi ziarah tabur bunga disejumlah makam diantaranya mantan Gubernur Sulut, FJ. Tumbelaka, A.A. Baramuli, Willy Lasut, G.H Mantik.

Diketahui sebelumnya pada Senin lalu, melalui Gubernur Sulut Olly Dondokambey telah mengawali ziarah tabur bunga bersama rombongan Pemprov Sulut di makam mantan Gubernur Sulut, Alm. CJ Rantung dan Alm. HV Worang.(tim)

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 21 September 2017 , , ,

0 komentar for "Rangkaian Ziarah Pemprov Sulut HUT ke 53, Tradisi Hormati Mengenang Para Pahlawan Daerah"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional