Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Puluhan Kelompok Tani Bakal Dapat Bantuan


Traktor di kantor Dispertanak Boltim.

Boltim, detiKawanua.com -  Dua Puluh  kelompok tani di wilayah kecamatan kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), yakni Kecamatan Modayag, Nuangan, Moaat, Tutuyan, Kotabunan dan Motongkad yang telah terlebih dahulu memasukan berkas atau proposal, bakal terima bantuan dari pemerintah pusat melalui aggaran Pendapatan Belanja Negara Induk 2017. namun, bantuan tersebut tidak diserahkan dalam bentuk uang melainkan barang.

Seperti dikatakan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Boltim, Ramlah Mokodompis kepada sejumlah awak media bahwa, sebelumnya pihaknya mengusulkan besaran bantuan tersebut berjumlah sekitar Rp 20 miliar. namun, yang disetujui oleh pemerintah pusat lebih dari yang sudah diusulkan.

"Hingga saat ini, bantuan yang baru tiba di Boltim sekitar 49 unit alat dan mesin pertanian. terdiri dari 20 unit hand traktor, pompa air 20 unit, kultifator 5 unit dan traktor roda 4 berjumlah 1 unit. sementara khusus untuk kultifator baru 3 yang ada, sisanya baru dikirim. nantinya, bantuan ini akan diberikan kepada kelompok tani yang telah memasukan proposal", ungkap Dia kemarin.

Sedangkan untuk APBN Perubahan 2017 kata Ramlah, Dinas telah mengusulkan untuk pala 250 hektare, cengkeh 300 hektare, perluasan 200 hektare dan handsprayer 45 serta alat tanam jagung 4 unit. sedangkan di tahun 2018 mendatang, pihaknya akan mengusulkan pengadaan bibit kedelei sekitar 2 ribu hektar. oleh karenanya, dirinya meminta kepada setiap kelompok tani agar memasukan proposal yang harus sesuai dengan syarat-syaratnya

"Jika nantinya, dalam usulan proposal yang sudah diajukan terdapat kelompok yang fiktif maka, bantuan tersebut tidak akan di realisasikan," kata Ramlah.

Sementara itu, salah-satu aparat desa Tutuyan saat bersua dengan awak media menuturkan, menurutnya hingga saat ini ada sejumlah kelompok tani sering mengeluhkan, tak pernah mendapatkan bantuan meski proposal sudah diusulkan. Dan dimasukan ke pihak Diperstanak Boltim.

"Dinas Pertanian Boltim, jika ada bantuan harus menyurat ke pemerintah desa. Nantinya disampaikan kepada para kelompok tani ataupun setiap individu petani. agar pengawasannya lebih baik, dengan memberikan imbauan kelompok yang sudah menerima, belum bisa memasukan proposal. intinya, agar bantuan merata dan tepat sasaran," ujar Dia, yang namanya enggan dipublis.

Diketahui, total bantuan yang sudah diberikan oleh pemerintah untuk Kabupaten Boltim hingga saat ini antara lain, hand traktor 26 unit, pompa air 23, traktor besar 3 unit, handsprayer 45 buah dan cultivator 3 unit serta bibit jagung dan pupuk. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 15 September 2017 ,

0 komentar for "Puluhan Kelompok Tani Bakal Dapat Bantuan"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional