Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Penambahan Alutsista, SWM Apresiasi TNI AL

Bupati SWM pada acara penambahan 1 KAL di dirangkaikan dengan pengukuhan TIM EFQR. 

Talaud, detiKawanua.com - Secara umum Kabupaten Kepulauan Talaud atau khususnya Pangkalan TNI Angkatan Laut Melonguane akhirnya mendapatkan penambahan alat utama sistem pertahanan (Alutisista) berupa 1 Kapal Angkatan Laut (KAL) bernama Pulau Karakelang  1-8-30 yang tiba dan disambut di Pelabuhan Melonguane, Rabu ( 6/9) pagi.

Dihadapan pemerintah daerah, Komandan KAL Kapten Laut (P) Idul Fahirun bersama awak dan unsur lainnya. Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut mengatakan, mencermati perkembangan strategis sekarang ini diketahui terjadi pergeseran isu global, regional maupun nasional di domain maritim, seperti klaim wilayah, sengketa perbatasan, pembajakan, kerusakan lingkungan laut  hingga dampak pasca penyerangan Isis di Marawi Filipina yang terindikasi masuk ke Indonesia melalui laut. Sehingga sebagai wahana yang penting dan strategis, maka wilayah laut harus dijaga keamanan dan ketertibannya, dan penambahan alutista merupakan salah satu yang dilakukan TNI AL.

" Merujuk pada UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Pasal 9 dijelaskan bahwa TNI AL bertugas menegakkan kedaulatan dan menjaga keamanan di laut yuridiksi, nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan internasional yang telah diratifikasi. Saat ini kita telah memiliki  KAL sebagai  perkuatan baru di Lanal Melonguane dalam menegakkan kedaulatan dan hukum di laut, terutama di perairan Talaud. Disamping itu kapal ini bertujuan untuk membantu seluruh program pemerintah dibidang kemaritiman," jelas Danlanal Melonguane.

Dikatakan Danlanal, pemberian nama Pulau Karakelang (salah satu nama pulau di Talaud), merupakan bentuk penghargaan terhadap kearifan lokal ,dengan harapan  kapal ini bukan hanya menjadi milik dan kebanggan TNI AL, tetapi juga kebanggan masyarakat tanah porodisa.

Sementara, Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip (SWM) dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas penambahan alutsista yang merupakan wujud nyata perhatian TNI dalam mengamankan wilayah Talaud sebagai beranda terdepan NKRI yang berbatasan dengan Filipina.

" Harapan kita bersama untuk tetap mengoptimalkan peran dan fungsi tugas pengamanan  di wilayah perbatasan. Mari kita dukung tugas TNI Angkatan Laut dengan kerja yang lebih profesional, mengarah  pada sikap dan perilaku warga negara yang baik, serta responsible menyikapi berbagai persoalan paradigma," ujar SWM.

Pada acara yang dirangkaikan dengan pengukuhan TIM EFQR ( Eastern Fleet Quick Respon) atau Tim Reaksi Cepat Lanal Melonguane, Manalip menggambarkan kondisi Geografis Talaud yang terdiri dari 17 Pulau yang terdiri dari 10 Pulau  tak berpenghuni dan  7 pulau berpenghuni  dengan 104.000 jiwa penduduk yang tersebar diwilayah tersebut. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 07 September 2017 ,

0 komentar for "Penambahan Alutsista, SWM Apresiasi TNI AL"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional