Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Paripurna Istimewa HUT Sulut ke-53, Gubernur Olly Gelorakan Semangat KERJA BERSAMA


(Gubernur Olly saat memberikan sambutan dalam rapat paripurna istimewa Dewan Sulut dalam rangka HUT ke 53 Sulut)

Manado, detiKawanua.com
-Gubernur Olly Dondokambey SE saat memberikan sambutan pada peringatan HUT ke 53 Provinsi Sulawesi Utara tahun 2017, dalam rapat paripurna istimewa di kantor Dewan Sulut, Kairagi, Manado, Sabtu (23/09/2017) pagi, mengajak seluruh pemerintah kabupaten dan kota serta masyarakat Sulut untuk tidak membeda-bedakan satu sama lain, namun selalu bersinergi, bergotong-royong, bersatu-padu, bekerjasama, bersepakat menjalin persatuan dan kebersamaan guna menyelesaikan persoalan.
"Demi terwujudnya Sulawesi Utara berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya," ungkap Gubernur Olly.


(Gubernur Olly saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT ke 53 Provinsi Sulut di lapangan KONI Sario pagi)

Terkait pembangunan di bidang ekonomi, Gubernur Olly menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Sulut melaju dengan cepat pada Triwulan I tahun 2017 sebesar 6,43 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01 persen. Inflasi pun dapat dipertahankan pada level satu digit yaitu pada angka 3,59 persen.

Disamping itu, untuk sektor investasi, total realisasi investasi periode Januari hingga Juni 2017 mencapai Rp. 2,86 triliun (PMA Rp 2,5 triliun dan PMDN Rp. 319 miliar). Pencapaian ini 114,4 persen lebih besar dari target RPJMD Sulut yang sebesar Rp. 2,5 triliun melalui investasi pada sektor pariwisata, energi dan pertambangan.

"Di tahun 2017, total realisasi investasi telah melampaui target yang ditetapkan,"terang Gubernur Olly.

(Foto bersama usai upacara peringatan HUT ke 53 Provinsi Sulut di lapangan KONI Sario)

Dikatakan, tren pertumbuhan ekonomi Sulut yang positif pada tahun 2017, juga telah mampu menurunkan angka pengangguran. Hal ini terlihat dari angka pengangguran di Provinsi Sulut yang pada tahun 2017 sebesar 6,12 persen turun dibandingkan keadaan pada tahun 2016 sebesar 7,82 persen.

Sementara, tingkat kemiskinan di Sulut pada tahun 2017 sebesar 8,1 persen turun dibandingkan keadaan pada tahun 2016 sebesar 8,98 persen. Sejauh ini, angka kemiskinan di Sulut lebih rendah jika dibandingkan dengan nasional yang mencapai 10,64 persen. Pembangunan yang terkait dengan stabilitas politik dan keamanan di Sulut juga terus mengalami kemajuan. Ini terbukti Sulut sebagai barometer kerukunan di Indonesia. Bahkan BPS merilis data tingkat kebahagian masyarakat Sulut mencapai 73,69 atau tertinggi ketiga secara nasional.

"Artinya, bahwa masyarakat Sulut merasa berbahagia tinggal, hidup dan bekerja di wilayah ini," pungkas Gubernur Olly.


Begitu juga di tingkat demokrasi, Sulut mampu mencapai indeks demokrasi sebesar 76,34 jauh melebihi angka indeks demokrasi Indonesia yang berada pada angka 70,09. Pencapaian positif juga tercapai di bidang kesehatan. Jumlah balita gizi buruk pada semester pertama 2017 ini, turun 0,007 persen. Diikuti jumlah kematian ibu yang turun sebesar 4,1 persen dan angka harapan hidup yang mencapai 70,9 tahun.
Karenanya Gubernur Olly menyatakan, kita patut berbangga dan bersyukur karena Provinsi Sulawesi Utara adalah daerah yang dikaruniai sumber daya alam yang melimpah dan dianugerahi keberagaman etnis budaya masyarakat yang religius yang didukung oleh semangat persatuan dan kesatuan yang penuh kegotong royongan, semua ini merupakan modal dasar penyelenggaraan pemerintahan.


(Gubernur Olly Dondokambey dengan pakaian adat Minahasa, Wagub Kandouw dengan pakaian adat Bolmong serta Sekdaprov Edwin Silangen dengan pakaian adat Sangihe)

"Karena itu ketika saya dan saudara Steven Kandouw terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara periode 2016-2021, kami menyadari sepenuhnya dan didukung karakteristik masyarakat Sulawesi Utara yang kuat dan dinamis maka kami bertekat dan berkomitmen untuk membuat daerah ini menjadi terdepan dalam segala bidang pembangunan,"ingat Gubernur Olly.

Dalam kesempatan itu juga Gubernur Olly menyampaikan berbagai tindak lanjut pengembangan pembangunan yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk Kabupaten Kota yang ada di Sulut, seperti antara lain pengembangan Pariwisata di kota Manado termasuk pengembangan kota baru Manado serta rencana pembuatan Train (kereta api jarak pendek, red) dalam Kota Manado, KEK dan jalan Tol di Kota Bitung, KEK Pariwisata Likupang, Pembangunan jalan Tol Manado Tomohon hingga Amurang, serta berbagai langkah strategis yang telah dilaksanakan di Kabupaten Kota yang ada di Sulut.


(Foto bersama ODSK dengan para Walikota - Wakil Walikota dan Bupati - Wakil Bupati se Sulut usai rapat paripurna istimewa Dewan Sulut)

Sebelumnya, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw yang memimpin langsung paripurna itu, mengapresiasi seluruh masyarakat Sulut yang turut bekerja membangun Sulut."Atas nama pimpinan DPRD, kami berterima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya seluruh masyarakat yang telah bergotong royong mewujudkan cita-cita Provinsi Sulawesi Utara," katanya.

Disamping itu, Angouw juga berharap, agar peringatan HUT Provinsi Sulut ini mampu memperkuat persatuan masyarakat Sulut."Saya harap ini dapat menjadikan kita semakin mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan serta melakukan yang terbaik untuk Sulut yang kita cintai," tandasnya.

(Gubernur Olly saat menyalakan dan peniupan lilin HUT ke 53 Provinsi Sulut dalam acara pesta rakyat di Boulevard)

Adapun rapat paripurna istimewa turut dihadiri turut dihadiri Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, Jajaran Forkopimda, Ketua TP-PKK Ir Rita Maya Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK dr Kartika Devi Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen SE MS serta para Bupati dan Walikota. Sebelumnya pada pagi hari telah dilakukan upacara peringatan HUT ke 53 Provinsi Sulut di lapangan Olympic KONI Sario.

Kemudian pada sore hingga malam, gelaran pesta rakyat di kawasan Boulevard Dua Kelurahan Sindulang, dengan menampilkan berbagai tarian khas daerah, serta atraksi terjun payung dan penampilan sejumlah artis ibukota.(ADVETORIAL/BIRO PROTOKOL KOMUNIKASI DAN KERJASAMA PEMPROV SULUT).

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 23 September 2017 ,

0 komentar for "Paripurna Istimewa HUT Sulut ke-53, Gubernur Olly Gelorakan Semangat KERJA BERSAMA"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional