Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Kerja Cerdas GSVL-MOR, Pemkot Manado Tembus 6 Besar Penghargaan Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial

Manado, detiKawanua.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado di bawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan (GSVL-MOR), kembali meraih prestasi tingkat nasional. Kali ini, berkat kerja cerdas GSVL-MOR sebagai pimpinan, Pemkot Manado masuk 6 besar peraih penghargaan Inovasi Pemanfaatan Geospasial.


Kepala Bapelitbang Kota Manado Dr  Lily Tambajong tak pelak menyatakan kegembiraannya. Dirinya bersyukur, di bawah bimbingan GSVL-MOR, tim yang ia pimpin bisa unjuk prestasi cerdas. 

"Kami sangat bersyukur karena Pemkot Manado memiliki SDM Handal dalam pengelolaan TIK. Mereka adalah kolaborasi antara ASN, Tenaga Kontrak, juga Tim Kota Tanpa Kumuh. Tentu semua tak lepas dari perkenaan Tuhan melalui perhatian dan bimbingan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan. Kami berharap dukungan doa dari seluruh Warga Manado agar kita dapat meraih prestasi tertinggi dalam kompetisi ini," ujar Kaban yang hobi masak dan bikin kue ini.

Karena itu, lanjutnya, pemanfaatan informasi geospasial oleh berbagai sektor semakin meningkat seiring kemudahan dan kecepatan teknologi berbasis spasial. Inisiatif penyediaan informasi gespasial telah banyak dilakukan secara mandiri oleh Pemerintah Daerah. Informasi geopasial menjadi kebutuhan mendesak bagi Pemerintah Daerah mengingat perencanaan berbasis spasial lebih efektif dan efisien apabila dibandingkan dengan perencanaan secara kualititatif. 

"Penganugerahan penghargaan inovasi pemanfaatan informasi geospasial merupakan bentuk apresiasi BIG kepada simpul jaringan pemerintah daerah kabupaten/kota, dengan tujuan untuk memotivasi, memperkuat dan membangun semangat pemkot/pemkab dalam mengembangkan pemanfaatan informasi geospasial yang inovatif. Pengembangan gagasan baru maupun penyempurnaan aplikasi yang sudah ada, diharapkan mampu meningkatkan efisiensi serta produktivitas kinerja lembaga serta memenuhi harapan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan," jelasnya. 

Diketahui, berdasarkan Undang-undang No 4 Tahun 2014 tentang Informasi Geospasial khususnya pasal 2 huruf (c) dan pasal 2 huruf (f), disebutkan bahwa Informasi Geospasial diselenggarakan berdasarkan asas keterbukaan dan kemanfaatan. Semakin mudahnya akses dan pertukaran terhadap informasi geospasial, proses pengambilan keputusan dapat berjalan dengan cepat dan tepat. Menjadi hal yang sangat penting bahwa Informasi Geospasial yang sudah dihasilkan oleh Instansi Pemerintah dapat dimanfaatkan dalam tata kelola pemerintahan secara maksimal.

Berkat kekhasan inovasi yang dikembangkannya, Pemkot Manado menjadi salah satu daerah yang berhasil menembus 6 besar. Kekhasan itu, menjadi kekuatan pendorong untuk memfasilitasi penyediaan informasi geospasial yang mutakhir dan dapat diakses oleh pengguna lainnya didapatkan enam kabupaten/kota terbaik yakni: Kabupaten Banyuwangi, Kota Bogor, Kabupaten Jepara, Kota Manado, Kota Semarang, dan Kota Surabaya, untuk melanjutkan ke tahap ketiga yaitu visitasi atau kunjungan kepada masing-masing pemerintah kabupaten/kota tersebut. (vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 15 September 2017 , ,

0 komentar for "Kerja Cerdas GSVL-MOR, Pemkot Manado Tembus 6 Besar Penghargaan Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional