Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Kejuaraan Tinju Piala Walikota Manado 2017, Momentum Kembalinya Nama Sulut di Kancah Nasional

Panitia saat menggelar konpres.

Manado, detiKawanua.com - Kejuaraan Tinju Amatir memperebutkan Piala Walikota Manado ini, merupakan momentum mengembalikan nama Sulawesi Utara (Sulut) di kancah nasional, khususnya sebagai salah satu daerah penghasil petinju-petinju handal Indonesia.

Demikian yang disampaikan Ferry Keintjem selaku ketua panitia Kejuaraan Tinju Amatir Piala Walikota Manado 2017, saat berlangsungnya konferensi pers (konpres) di Excelso Cafe, Mantos 3 Manado, Sabtu (23/09) sore WITA.

baca juga: Kejuaraan Tinju Piala Walikota Manado 2017, Iven Tinju Outdoor Pertama di Sulut 

Dalam konpres yang dihadiri Wakil Ketua Panitia yang juga selaku Dirintelkam Polda Sulut, Ketua Pertina Sulut, Ketua Pertina Manado, dan Ketua KONI Manado serta awak media, Keintjem mengatakan, kegiatan yang akan digelar di Taman God Bless Park (Taman Berkat) Manado pada 25-30 September 2017 nanti, disuport penuh oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam hal ini Walikota Manado dan Wakil Walikota Manado, serta didukung penuh oleh Ketum PP Pertina yang keseharian sebagai Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Drs Johny Asadoma MHum.

"Kegiatan ini merupakan hasil sinergi antara PP Pertina dengan Pemkot Manado di bawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor D Bastiaan (GSVL-MOR), untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang bersifat menghibur masyarakat yang ada di Kota Manado," ujar Keintjem.

"Ini langkah awal yang kami percaya akan berdampak bukan hanya pada masyarakat tinju, namun pada pemerhati olahraga di Kota Manado dan Sulawesi Utara. Dan ini juga untuk pemanasan bagi petinju-petinju Sulut yang akan bertarung di Porprov nanti," tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini akan menghasilkan multi player effect terhadap perkembangan olahraga lainnya maupun pariwisata yang kini terus didengungkan oleh Pemkot Manado dan Pemprov Sulut.

"Iven ini masih ada kaitannya dengan kegiatan Manado Fiesta 2017 dan HUT Provinsi Sulut ke-53. Karena itu, kami mengajak masyarakat Kota Manado untuk bisa menyaksikan open tournament ini, karena tidak dipungut bayaran. Dan untuk diketahui, untuk skop nasional, ini adalah langkah berani. Sebab baru pertama kali di Sulut melakukan open tournament tinju di luar gedung," papar Direktur Umum PD Pasar Manado ini.

Melihat animo ratusan peserta yang bakal mengikuti kejuaraan ini, panitia yakin kebangkitan tinju Manado sebagai salah satu wilayah favorit tinju di Indonesia, bisa terwujud.

"Berkat inisiatif Ketua Umum PP Pertina, kegiatan ini akan menggali petinju-petinju handal di Kota Manado dan wilayah Sulut. Saya yakin ratusan petinju amatir Manado siap mengharumkan daerahnya menghadapi 215 petinju lainnya, baik yang berasal dari Sulut maupun 14 provinsi lainnya," ujar Ketua Pengda Pertina Sulut AKBP Reyno Bangkang, yang diiyakan Ketua Pertina Manado Benny Parasan.

Dari pemaparan panitia, sampai Sabtu (23/09) pukul 17.00 WITA, jumlah peserta yang akan mengikuti iven sekitar 400-an orang. Khusus untuk di luar Kota Manado (wilayah Sulut lainnya dan 14 provinsi), berjumlah 215 orang. Kemungkinan bertambah, karena pendaftaran baru akan ditutup pada Senin (25/09) pukul 08.00 WITA.

"Pendaftaran tidak dipungut biaya, karena iven tinju amatir sesuai amanat UU Nomor 3 tahun 2005, wajib di bawah KONI dan wajib dibiayai oleh pemerintah," singkat Ketua KONI Manado Hengky Kawalo.

Diketahui, kejuaraan dengan sistem gugur ini akan mempertarungkan 5 kategori, yakni: Elit Man/Girl 19-40 tahun (Agustus 1977-Agustus 1997), Youth Boys/Girls 17-18 tahun (Agustus 1999-Agustus 2000), Yunior Boys/Girls 15-16 (Agustus 2001-Agustus 2002), Semi Yunior Boys/Girl 13-14 (Agustus 2003-Agustus 2004), dan Mini Yunior Man 10-12 (Agustus 2005-Agustus 2007).

Bagi juara umum dan petinju akan diberikan trophy uang pembinaan, berupa;
Juara Umum 1 dari Walikota Manado,
Juara Umum 2 dari Wakil Walikota Manado,
Juara Umum 3 dari Ketua DPRD Kota Manado,
Petinju Terbaik dari Ketua Pertina Pusat,
Petinju Harapan dari Ketua Pertina Sulut,
Petinju Berbakat dari Ketua Pertina Manado, dan
Petinju Favorit dari Ketua KONI Manado. 

(vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 23 September 2017 , , ,

0 komentar for "Kejuaraan Tinju Piala Walikota Manado 2017, Momentum Kembalinya Nama Sulut di Kancah Nasional"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional