Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Gebrakan DisHut, Ciptakan Benang Sutra Sulut Yang Bakal di Kelola UKM

Manado, detiKawanua.com - Potensi kerajinan untuk dimanfaatkan masyarakat kecil menengah semakin bertambah di Provinsi Sulawesi Utara, dengan hadirnya inovasi/gebrakan baru produksi benang sutra yang sekarang ini perdana dikembangkan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sulut, melalui alat/mesin pembuat benang sutra senilai Rp300 juta.
Kepala Dishut Sulut, Herry Rotinsulu kepada wartawan saat memperkenalkan mesin pembuat benang sutra di stand Pameran Pembangunan dan Promosi Pemprov Sulut 2017 di Kayuwatu Manado yang dibuka langsung Gubernur Sulut, Olly Dondokambey pada pekan lalu. Dirinya (Kadis) mengungkapkan bahwa sekarang ini (produksinya) masih dalam tahapan uji coba, yang jika berhasil nantinya benang sutra akan bisa dimanfaatkan masyarakat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk diolah menjadi produk kain.

"Ini juga tidak mudah juga karena bahan dasarnya (benang) adalah Kepompong yang diproduksi menjadi benang melalui beberapa tahapan," ungkap Rotinsulu.

Lanjutnya untuk angkah mendapatkan kwalitas benang sutra yang baik juga harus memperhatikan bibit ulat (sebelum menjadi kepompong) serta makanannya.

"Kami sekarang membudidayakan tanaman Murbei (makanan) dilahan seluas 1 hektare di Kabupaten Minahasa Selatan. Tanaman itu juga kami pesan dari Makassar, nantinya jika proses benang sutra telah jadi selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk pengelolaan selanjutnya menjadi produk kain sutra," terangnya, sembari menambahkan kedepan nanti akan coba menganggarkan dalam APBD untuk pengadaan penambahan mesin lokal dari Jawa, guna memproduksikan benang sutra yang nantinya jika telah diproses kerajinan masyarakat menjadi kain sutra bisa pula menjadi ole-ole bagi wisatawan.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 28 September 2017 , ,

0 komentar for "Gebrakan DisHut, Ciptakan Benang Sutra Sulut Yang Bakal di Kelola UKM"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional