Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Dandim 'Tombulu Kabasaran' Manado Fiesta 2017

Tarian Kabasaran Kodim 1309/Manado yang dipimpin 'Tombolu' Letkol Arm Johanes Toar Pioh saat beratraksi di Manado Fiesta 2017.

Manado, detiKawanua.com - Komandan Kodim 1309/Manado Letkol Arm Johanes Toar Pioh menjadi Tombulu (komandan pasukan, red) tarian massal Kabasaran saat berlangsungnya acara pembukaan Manado Fiesta 2017 di kawasan Boulevard dua Sindulang, Manado, Sabtu (02/09).

"Kegiatan Manado Fiesta 2017 adalah program yang briliant dan strategis dalam rangka meningkatkan kepariwisataan di kota Manado bahkan di Sulut. Karena itu, sebagai unsur Forkopimda, kami wajib turut mensukseskan seluruh kebijakkan dan program pemerintah Kota Manado," ujar Letkol Arm Johanes Toar Pioh.

Bersama 150 prajurit Kodim 1309/Manado, aksi Toar dan jajaran menarik simpatik dan detak kagum para pemimpin daerah dan tamu pejabat di tenda VVIP. Di manaTarian kabasaran dipadukan dengan seragam loreng TNI Angkatan Darat dan dengan jumlah terbanyak, merupakan  yang pertama kali terjadi. 

Meski terbilang hal yang pertama dilakukan dan dipertontonkan di depan publik, kelompok kabasaran yang berjumlah 150 orang yang dipimpin kepiawaian kepiawaian sang Tombolu Johanes Toar Pioh, telah berhasil memperagakan Tarian Kabasaran layaknya seorang profesional.

"Sebagai putra daerah saya harus dan tertantang serta terpanggil untuk turut melestarikan Tarian Kabasaran sebagai salah satu simbol heroikme suku Minahasa pada umumnya," tambahnya, kepada awak media di sela-sela kegiatan tersebut..

Diketahui, tarian Kabasaran adalah tarian adat khas Minahasa untuk menyambut tamu. Tarian ini mengisahkan kegagahan seorang pejuang suku Minahasa saat melawan musuh. Setelah menang perang, para pejuang ini merayakan kemenangan bersama warga dengan menari secara bersama. (vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 02 September 2017 , , , , , ,

0 komentar for "Dandim 'Tombulu Kabasaran' Manado Fiesta 2017"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional