Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Warga Togid Keluh Soal Pembangunan MCK

Warga Togid Saat Mencuci Pakain di Sungai Koluguson.


Boltim, detiKawanua.com - Sekitar Seratus Empat Puluh Enam warga desa Togid kecamatan Tutuyan kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), hingga kini masih memanfaatkan sungai koluguson  sebagai tempat cuci pakaian serta buang air besar (hajat-red).



Dikatakan oleh warga setempat, Tamsir (50) bahwa, sudah puluhan tahun kami masih menggunakan sungai untuk buang air besar dan cuci pakaian. "kami tak mempunyai jamban/MCK. setiap kali buang hajat kami ke sungai koluguson tepatnya dibelakang rumah," terangnya, saat dikonfirmasi awak media pekan kemarin.



Katanya, selama ini mereka belum pernah tersentuh bantuan dari pemerintah melalui, Dinas terkait soal pembangunan jamban atau MCK.

"Bahkan kita mandi dan cuci pakaian juga disini. Kami pernah alami gatal-gatal namun, bagaimana lagi kan sumber airnya hanya itu. kalau buat minum, kami beli air mineral di botol. kami sangat berharap, adanya bantuan dari pemerintah melalui Dinas terkait, untuk membangun jamban serta ketersediaan air bersih," keluh Tamsir turut diiyakan Aji (68) warga setempat.

Jamban Sederhana Milik Warga Togid.



Sementara, Kepala desa (Sangadi-red) desa Togid saat dikonfirmasi menuturkan, warga yang tinggal di dekat Sungai koluson sekitar 146 Kepala Keluarga (KK) dusun 6 desa Togid. dan sebagian besar mereka sudah menempati rumah sendiri (kepemilikan sendiri).

"Hampir 90% mereka (warga-red) yang tinggal disekitar sungai koluguson, tidak memiliki jamban untuk buang air besar dan mandi," jelas Sangadi Adi.



Untuk Pemerintah desa (Pemdes) Togid tahun ini belum dianggarkan, guna pembangunan jamban tetapi, 2018 mendatang itu pasti dianggarkan. karena, memang tahun ini belum tertata di Pemdes mengenai MCK. sedangkan, ketersedian air bersih, saat ini sementara melaksanakan jaringan pipa.

"kita upayakan perencanaan 2018, untuk MCK/jamban. dan saat ini soal air bersih, sementara dalam penyelesaain pekerjaan. Bulan Mei kemarin, pihak Dinas kesehatan Boltim juga sudah pernah melakukan sosialisasi disini terkait MCK," ucap Adi pekan kemarin. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 09 Agustus 2017 ,

0 komentar for "Warga Togid Keluh Soal Pembangunan MCK"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional