Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Provinsi Sulut Dipercayakan Kemendagri Guna Kelola Dana Dekon Penanggulangan Bencana

Manado, detiKawanua.com  - Rapat Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Dalam Pengurungan Resiko Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut, Rabu (09/08) yang berlangsung disalah satu hotel di Manado, dibuka oleh Direktur Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri RI, Elvius Dailami didampingi Sekprov Sulut, Edwin Silangen yang didampingi Kepala BPBD Sulut, Noldy Liow.

Sekprov dalam sambutannya mengatakan atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Sulut, memberikan apresiasi  dan penghargaan kepada pihak Kemendagri atas berlangsungnya kegiatan tersebut.

"Rapat Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Dalam Pengurangan Resiko Bencana, saya atas nama Gubernur (Olly Dondokambey) dan Wakil Gubernur (Steven Kandouw) sangat mengapresiasi yang tinggi karena provinsi ini mendapat kepercayaan dari Kemendagri untuk mengelola dana dekon yang langsung diberi kepercayaan oleh pak Direktur," kata Sekprov.

Pada Rapat Fasilitasi ini diharapkan pembawa materi memberikan yang baik kepada peserta agar penanggulangan resiko bencana bisa ditangani sedini mungkin.
"Rapat ini sangat  penting dan strategis. Ikutilah sesuai arahan narasumber yang ada agar para peserta bisa mendapat informasi terkait dengan penanggulangan resiko bencana," tukas Silangen.

Sementara itu, Direktur Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri RI, Elvius Dailami, dalam sambutannya mengatakan Rapat Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Dalam Pengurangan Resiko Bencana ini merupakan kegiatan dekonsentrasi pembinaan aparatur daerah dalam pengurangan resiko bencana dan bahaya kebakaran diselenggarakan sebagai bentuk pelimpahan dari pemerintah pusat kepada gubernur agar lebih efektif dan efisien.

"Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan penyelenggaraan kegiatan resiko bencana menjadi salah satu agenda prioritas daerah yang masuk dalam dokumen perencanaan dan penganggaran untuk pembangunan," harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPBD Sulut Noldy Liow mengatakan tujuan kegiatan ini memperkuat  peningkatan dan pengetahuan dalam rangka penyelenggaraan mengurangi resiko bencana di daerah khususnya pada tahap penyusunan dokumen perencanaan dan pengelolaan APBD serta memfasilitasi pemerintah daerah dalam optimalisasi penyelenggaraan penanggulangan bencana yang menjadi kewenangan daerah dengan mengedepankan prinsip pengurangan resiko bencana.

Lanjut Liow, adapun sasaran kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah daerah dalam pemberdayaan masyarakat untuk pengurangan resiko bencana serta mewujudkan koordinasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam rangka penanggulangan bencana yang ada di Kabupaten Kota.

Adapun narasumber yakni, Sekprov Sulut, Direktur Manajemen Penanggulan Bencana, Kasub Direktorat Penanggulangan Resiko Bencana, Kabag Perencanaan Dirjen Bina Administrasi Kewilayaaan, Kaban BPBD Sulut, Kaban  Meteorologi dan Geofisika, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana.

Turut hadir, BPBD Kab/Kab, unsur TNI/Polri, BMKG, Basarnas, Satpol PP Sulut, BVMG, Dinas Sosial serta intansi terkait. (rk/dkc)

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 09 Agustus 2017 , , , , ,

0 komentar for "Provinsi Sulut Dipercayakan Kemendagri Guna Kelola Dana Dekon Penanggulangan Bencana"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional