Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Pelopor Bela Negara, Pemprov Sulut Perkuat Ideologi Melalui Sekolah

Manado, detiKawanua.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Asisten 1 Setdaprov Sulut, John Palandung pada Kamis (03/08) tadi telah mencangkan sekolah SMA N 1 kota Manado menjadi sekolah pelopor Bela Negara di Provinsi Sulawesi Utara.
"Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan  yang kuasa. Saya atas nama Gubernur Sulut Olly Dondokambey mencanangkan sekolah Bela Negara di provinsi Sulawesi Utara," terang Palandung.

Dalam sambutannya juga, pemerintah provinsi sangat mengapresiasi terbentuknya sekolah Bela Negara dan pengukuhan kader Bela Negara.

"Saya apresiasi kepada panitia yang menggelar kegiatan seperti ini karena memberikan kontribusi positif kepada pemerintah," ungkapnya

Ia mengatakan perkembangan lingkungan strategis baik secara global, regional, maupun nasional sangat mungkin mempengaruhi indonesia.

"Kondisi ini sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman, baik ancaman militer metode kelemahan internal bangsa sehingga dituntut adanya bentuk pertahanan negara yang aktif dan berdaya tangkal tinggi yang didasarkan pada kesadasan atas hak dan kewajiban warga negara dalam usaha mempertahankan negara yang di amatkan pada UUD 1945 pasal 30 ayat 1," ujarnya.

Untuk itu, diperlukan upaya-upaya bersama untuk memberi dan membekali masyarakat dengan pendidikan karakter.

"Disinilah letak penting sekolah bela negara yang ada di provinsi Sulawesi Utara," singkatnya.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Sulut Evans Liow mengatakan tujuan kegiatan ini adalah membangkitkan semangat cinta tanah air kepada siswa yang ada di sekolah.

"Karena harus diakui paling tidak ancaman ideologi lain mengacam sekolah-sekolah. Dan salah satu untuk menjaga ini, pak Gubernur Olly menugaskan kami untuk keliling sekolah-sekolah bangun sekolah Bela Negara," tandasnya.

Ditempat yang sama Kadikda Sulut Gammy Sulut menilai ini merupakan kebijakan otonomi.
"Sehingga kita di daerah harus memantapkan apalagi kegiatan ini dalan kaitan membentuk karakter anak-anak, khususnya SMA/SMK menjadi anak-anak bukan sekedar pinter secara ilmu tetapi juga memiliki jiwa patriotisme semangat kebersamaan dan nilai-nilai toleransi ditanamkan, sehingga Dikda Sulut memfasilitasi bersama Kesbang Pol untuk kegiatan yang luar biasa dalam rangka sekolah Bela Negara di Provinsi Sulut," pungkasnya.

Turur hadir, Kaban Kesbangpol Sulut Evans Liow, Ketua Harian Bela Negara Pdt. Lucky Rumopa, Ketua Harian LVRI Sulut Boyke Kambey, Kadikda Sulut Gammy Kawatu, Kepsek SMA N 1 Manado, Sherly Kalangi serta seluruh Siswa - Siswi SMA N 1 Manado. (rk/dkc)

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 03 Agustus 2017 , ,

0 komentar for "Pelopor Bela Negara, Pemprov Sulut Perkuat Ideologi Melalui Sekolah"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional