Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Jelang Indonesia Berdoa 171717, Ini Imbauan Pangdam Merdeka

Pangdam XIII/Mdk, Mayjen TNI Ganip Warsito.

Manado, detiKawanua.com
- Bertepatan dengan peringatan ke-72 tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,  seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, terlebih khusus warga di Sulawesi Utara dengan penuh suka cita, merayakan Proklamasi Kemerekaan Indonesia, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka seluruh rakyat Indonesia bersatu dalam doa.

Sehubungan dengan momen tersebut, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Ganip Warsito dalam imbauannya, mengatakan, kita bersatu dalam aksi 'Indonesia Berdoa 171717', memanjatkan doa untuk keselamatan bangsa dan negara, sebagai wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan dan nikmat hidup di tanah air tercinta untuk Indonesia yang Lebih Kasih Sayang.

Kegiatan doa bersama ini, lanjut Pangdam, juga merupakan momen yang tepat untuk mendoakan para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur mendahului kita demi menegakkan kemerdekaaan Indonesia dan sekaligus juga untuk mendoakan para pemimpin dan rakyat Indonesia agar ke depan menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional bangsa Indonesia.

"Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa tidak boleh berujung sia-sia. Kewajiban kita semualah untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, untuk menjaganya, meneruskan dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia, yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," jelas jenderal bintang dua ini.

Adapun tujuan kegiatan doa bersama atau aksi 171717 ini adalah : 
1.  Untuk mengkonkritkan sila pertama dari Pancasila “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Kita pahami bersama bahwa semua agama yang ada di Indonesia mengajarkan tentang cinta kasih, kasih sayang hubungan antara manusia dan Tuhan, manusia dengan sesamanya dan manusia dengan lingkungan (alam sekitar). Oleh karenanya, doa ini didesain untuk bersama-sama kita memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bangsa Indonesia ini ke depan lebih kasih sayang.
2.  Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena kita ketahui bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia ini diperoleh “atas berkat rahmat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa dan juga oleh dorongan keinginan luhur para pendiri bangsa ini untuk menjadikan Negara Indonesia, Rakyat Indonesia, merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.”
3.  Kita mendoakan arwah para pahlawan pejuang yang telah memerdekakan rakyat Indonesia ini dari penjajahan dan juga kita berdoa untuk para pemimpin dan rakyat Indonesia sehingga ke depan Indonesia dapat mencapai tujuan nasionalnya sesuai dengan amanah UUD 1945.

Pelaksanaan aksi 171717 (Doa Bersama) di wilayah Kodam XIII/Merdeka sesuai data dan laporan yang diterima dari seluruh satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka akan diikuti sebanyak 173.477 orang yang tersebar pada 553 titik. "Kita semua tentunya berharap agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar, tertib, dan khidmat untuk Indonesia Lebih Kasih Sayang," pungkasnya. (vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 16 Agustus 2017 , , , , ,

0 komentar for "Jelang Indonesia Berdoa 171717, Ini Imbauan Pangdam Merdeka"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional