Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Gubernur Olly Apresiasi Soal Isu Gender dan Energi Baru Terbarukan di Sulut

Manado, detiKawanua.com - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey memberikan apresiasi kepada Kementerian PA, Bappenas, TP-PKK Sulut serta segenap peserta elemen organisasi masyarakat dan SKPD terkait di 15 Kabupaten Kota atas terselenggaranya kegiatan bertema 'Advokasi dan Sosialisasi Gender dan Energi Baru Terbarukan Tahun 2017' yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sulut.

"Atas nama pemerintah provinsi Sulut, selamat datang salam bakudapa (bertemu,red). Semoga kegiatan ini mendapat manfaat penambahan wawasan bagi kita semua," terang Gubernur melalui sambutan yang dibacakan Kepala DPPPA Sulut, Mieke Pangkong, di Swiss Bella Hotel Manado, Rabu (23/08).

Lanjutnya bahwa, menjadi pemahaman bagi kita semua, akan dampak konstruktif nasional maupun daerah dengan mengutamakan bagi kesetaraan gender dalam aktivitas pembangunan disegala bidang tanpa terkecuali bidang energi yang baru terbarukan.

"Oleh karena itu kegiatan ini harus dicapai optimal. Sehingga akan mampu memberikan pemhaman yang tepat bagi energi menjadi isu kita bersama yang baru terbarukan," kata Mieke, sembari mengatakan populasi perempuan berbanding setengah yakni 49 persen dari 2,4 Juta warga Sulut yang didalamnya termasuk anak-anak.
 
Dipastikannya pula bahwa sosialiasian tentang gender dan egergi baru ini dipercaya merupakan pendongkrak ekonomi yang ada didaearah Sulawesi Utara. Dimana pengguna energi terbanyak di Indonesia adalah perempuan dan anak yakni, 89 persen dari penduduk Indonesia. Sehingga dengan kebujakan penggunaan energi bisa lebih mengoptimalkan.

"Saya berharap kepada para narasumber untuk memberikan materi bukan hanya bersifat konsep namun aplikatif, agar bisa bermanfaat bagi kemajuan Sulawesi Utara," tandas Mieke.

Sementara itu dalam sambutan, Asisten Deputi Kesetaraan Gender Kementerian PA, Ratna Susianawati menjelaskan bahwa engarusutaman gender adalah program prioritas nasional.

"Dalam kegiatan ini seberapa besar isu-isu yang diberikan, seberapa besar aksi-aksi energi yang diberikan, kita memastikan semua penggaran kegiatan mulai monitoring sampai evaluasi harus memberikan manfaat kepada kelompok-kelompok masyarakat (perempuan, laki-laki, disabilitas, lansia, anak-anak)," terang Ratna seraya mengatakan untuk kedepan menentukan 'model' menghubungkan dengan Kementerian ESDM untuk Sulawesi Utara.

"Provinsi Sulut adalah provinsi yang ke 7 di Indonesia dari roadshow Kementerian PPPA. Diharapkan pemetaan isu gender terbarukan, penyusunan arus gender khususnya bagi perempuan," ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasubid PA dan Arus Pemberdayaan Gender, Bappenas Bidang Pemberdayaan PA, Destri Handayani.
(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 23 Agustus 2017 , ,

0 komentar for "Gubernur Olly Apresiasi Soal Isu Gender dan Energi Baru Terbarukan di Sulut"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional