Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Bupati Landjar Buka Festival Lagu Daerah SKPD dan Sangadi Idol

Bupati saat membuka kegiatan festival lagu daerah.

Boltim, detiKawanua.com - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-72, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim) menyelenggarakan festival lagu daerah, Idol yang diikuti seluruh Kepala SKPD dan Kepala-kepala desa (Sangadi-red) se Boltim, Jumat (11/08). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Boltim Sehan Salim Landjar SH tepat di lapangan kantor bupati.

Dalam sambutannya, bupati menuturkan, bahwa lagu daerah merupakan suatu bentuk kekayaan intelektual dan kultur, sebagai hasil cipta serta kreasi yang menggambarkan karakter budaya pada masing-masing daerah.

"Lagu daerah adalah kekayaan lokal, sebagai perwujudan rasa persatuan kesatuan dan kebersamaan masyarakat yang pluralis, yang dapat dijadikan suatu kekuatam guna mendorong pembangunan daerah melalui pelestarian seni dan budaya daerah," ujar bupati.

Seiring dengan peningkatan teknologi dan transformasi budaya ke arah modern dan pengaruh globalisasi, kata bupati, berbagai kesenian dan warisan budaya daerah dinilai mengalami tantangan dalam mempertahankan eksisitensinya. "Hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama, terlebih khusus kalangan generasi muda yang dinilai mulai kehilangan jati diri, dan rasa bangga terhadap kesenian budaya daerah sendiri," terangnya.

Sebab itulah, lanjut bupati, kita sebagai pemerintah menjadi tanggung jawab bersama guna melestarikan seni dan budaya, agar tak tergerus oleh perkembangan zaman. "Salah satunya upaya melestarikannya yakni dengan menyelenggarakan festival lagu daerah yang merupakan momentum untuk melestarikan kesenian daerah," jelasnya.

Kebudayaan dan kesenian lokal, dapat dijadikan sebuah daya tarik dalam menunjang parawisata di kabupaten Boltim. "Tentunya hal ini perlu kita gali dan kembangkan, sehingga dapat memberikan dampak yang positif dari segi pembangunan maupun pendapatan masyarakat," papar, Bupati

Boltim memiliki semua potensi parawisata unggulan, ini menjadi tantangan bagi pemerintah daerah dalam mengembangkan berbagai sektor parawisata, yang sudah barang tentu keinginan tersebut, tidak akan terwujud jikan hanya bergantung pada Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) yang sangat terbatas. "Oleh karenanya, dalam mengembangkan sektor parawisata di Boltim, pemerintah melalui Dinas Pariwisata terus membangun komunikasi dengan pihak swasta, agar mau berinvestasi di daerah ini. Semoga dalam beberapa tahun ke depan, Boltim akan menjadi salah satu daerah tujuan parawisata di Sulut," kata bupati.

Untuk itu, kita harus terus berbenah dan mempersiapkan diri. Hal ini juga sebagai wujud dari kesiapan pemerintah menuju masyarakat ekonomi ASEAN yang dicanagkan oleh pemerintah pusat. "Semoga kegiatan itu dapat memberikan manfaat, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bagi segenap masyarakat dan pemerintah kabupaten Boltim," tutur Eyang, sapaan akrab bupati, sembari membuka kegiatan tersebut.  (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 11 Agustus 2017 ,

0 komentar for "Bupati Landjar Buka Festival Lagu Daerah SKPD dan Sangadi Idol"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional