Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Seluruh Tokoh Adat Akan Rampungkan Cerita Rakyat Talaud

Kepala Dinas Parbud Talaud saat menyerahkan Buku Sejarah kepada beberapa Pentua Adat.

Talaud, detiKawanua.com - Pentua Adat se-Talaud menyepakati untuk segera merampungkan cerita adat dari setiap desa, untuk kemudian dituangkan dalam satu buku yang disebut 'Sejarah Orang Talaud'.

Rikter Awaeh SH MH, selaku Bidang Sejarah dan Silsilah di Kepengurusan Dewan Adat Kabupaten Talaud mengatakan, sejarah suatu daerah sangat penting bagi pengembangan suatu daerah, karena sejarah merupakan panduan dalam kehidupan bermasyarakat apalagi Talaud sebagai Daerah Adat.

"Cerita Rakyat dimaksud merupakan sejarah suatu desa mengenai desa tersebut maupun suatu tempat yang ada di desa itu, sebagai awal mula berkembangnya kehidupan masyarakat di desa tersebut," tutur Awaeh, yang juga sebagai Kepala Seksi Kelembagaan, Bahasa dan Sastra Kebudayaan saat memandu Dialog Adat di Pendopo Rudis Bupati, Selasa (04/07).

Selain itu, lanjut Awaeh, marilah kita bersama untuk menuturkan setiap sejarah dari masing-masing wilayah secara baik secara kronologis juga secara geologis bisa dibuktikan, sehingga Peradaban Masyarakat Talaud bisa diketahui secara baik dan benar, sehingga tema 'Taloda Lumansiang Eee Wannam Bulan Porodisa Lumia Ere Matanggello' yang artinya Talaud Hendak Bersinar Bagaikan Cahaya Bulan dan Matahari, akan terwujud.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Kabupaten Talaud Isak Tamaroba mengatakan, bahwa setiap cerita sejarah haruslah sesuai dengan cerita sejarah yang dituturkan oleh para moyang kita, sehingga ketika semuanya sudah rampung maka identitas Talaud akan benar-benar diketahui sesuai khasanah budaya masyarakat Talaud.

Di tempat yang sama juga, Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Talaud Godfried Timpua menuturkan, bahwa janganlah cerita yang akan dituturkan nanti oleh setiap Pentua Adat mengikuti ambisi diri sendiri atau bahkan membelokkan cerita sejarah yang sudah dituturkan oleh nenek moyang, karena hanya akan menimbulkan percecokkan. "Tapi tuturkanlah cerita sejarah sesuai apa yang sebenarnya," katanya. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 06 Juli 2017 , ,

0 komentar for "Seluruh Tokoh Adat Akan Rampungkan Cerita Rakyat Talaud"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional