Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sandi DKIPS Penting, Juga Jadi Pengaman Pimpinan Sterilkan dan Deteksi Signal Negativ

Sulut, detiKawanua.com - Dinas Komunikasi, Informasi Persandian dan Statistik (DKIPS) Daerah Sulut, semakin memperkuat sistem 'pertahanan'nya dengan mengoptimalkan kinerja dalam rangka bertanggung jawab bukan hanya pada keamanan dokumen namun, keamanan jaringan dan aplikasi untuk pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut serta pimpinan pun dijamin keamanannya.

"Bulan Agustus nanti juga akan ada dua petugas yang telah digodok/sekolahkan Lembaga Persandian Negara (LSN) yang nantinya ditempatkan disini (DKIPS Sulut,red) dan mungkin pada setiap tahun atau dua tahun pertugas itu akan ditarik kembali dan diganti petugas baru. Memang kami juga masih membutuhkan tenaga bagian persandian yang bersertifikasi, karena sekarang ini hanya ada tiga orang ASN," terang Kepala DKIPS Sulut, Roy Tumiwa, Jumat (14/07) usai menerima rombongan kunjungan kerja anggota DPRD Provinsi Gorontalo.

Dikatakannya pula, LSN yang sekarang ini sudah digabung menjadi satu bersama Badan Cyber Polri atau lebih dikenal Badan Cyber Sandi Negara (BCSN) itu lebih memantapkan petugas persandian melalui perekrutan dan pelatihan.

"Kita sudah ada dua tenaga yang diminta ikut pendidikan dan pada hari ini (Jumat,red) sudah selesai. Dalam rangka memperkuat rencana subtansi teknis tentang tugas pokok persandian," ujarnya.

Selain itu Tumiwa juga menjelaskan bahwa pada sekarang ini tugas dari lembaga persandian semakin bertambah dan bukan lagi hanya mengurusi surat rahasia saja namun yang pada intinya itu adalah jaringan, informasi dan keamanan pimpinan.

"Persandian berperan penting didalam persoalan keamanan pimpinan di lapangan. Seharusnya dinas Sandi ini sudah berada dilokasi lebih dahulu sebelum sebelum pimpinan untuk melakukan deteksi dini keamanan jaringan seperti contohnya, jika ada bom, itu memakai signal (jaringan,red) lewat HP yang menjadi remotenya. Nah, disitulah peran Sandi untuk mengacaukan agar tidak ada signal yang masuk, begitupun dengan menjaga pelaksanaan rapat-rapat penting tertutup," jelasnya sembari menambahkan tugas-tugas persandian itu menentukan sekali dalam pemerintahan ketika di era perkembangan teknologi informasi sekarang ini, begitupun dengan pengamanan dari informasi pemberitaan Hoax.
(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 17 Juli 2017 ,

0 komentar for "Sandi DKIPS Penting, Juga Jadi Pengaman Pimpinan Sterilkan dan Deteksi Signal Negativ"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional