Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Kodam XIII Merdeka Keluarkan Pernyataan Perkembangan di Pulau Makalehi

Sulut, detiKawanua.com - Pada hari Senin tanggal 3 Juli 2017 pukul 11.30 s.d. 17.00 Wita, Tim Terpadu (Koramil Siau, Polsek Siau Barat, Tim Siau, Pos TNI AL Siau, Satpol PP, wartawan dan Kesbangpol Sitaro), berjumlah 37 orang dipimpin oleh Danramil Siau a.n. Kapten Inf David Son Radin dan Kapolsek Siau Barat a.n. Kompol W. Panden Solang, telah melaksanakan penyelidikan dan Patroli laut di Wilayah Pulau Makalehi  terhadap adanya isu masuknya orang yang tidak di kenal di Makalehi. Adapun kegiatan yang dilaksanakan sebagai berikut :

1. Pukul 11.30 Wita, Tim Terpadu berangkat dari Pelabuham Pehe Siau Barat dengan menggunakan kapal Pajeko (KM. Berkat) menuju Makalehi.

2. Pukul 13.00 wita, Tim terpadu melaksanakan pengecekanterhadap kapal nelayan citra laut 01 di pantai pesisir induk, tidak ditemukan hal-hal yang menonjol.
3. Pukul 14.00 wita,  Tim Terpadu melaksanakan wawancara terhadap saksi yang melihat adanya 3 orang menggunakan pakaian hitam  di pesisir Pantai (a.n. ibu Ravalin Pusun, umur 37 th, istri dari Efta makanobe/Kamtibmas Makalehi). Adapun keterangan yang disampaikan :

a. Pada tanggal 2 Juli 2017,  pukul 21.00 Wita, saat akan membuang sampah melihat 3 orang di kegelapan pantai dengan pakaian hitam.

b. Setelah melihat 3 orang yang tidak dikenal saksi menuju rumah dan menyampaikan kepada suaminya, kemudian kembali kedaerah tempat munculnya OTK, namun saat itu sudah tidak terlihat lagi/menghilang.

c. Setelah kejadian tersebut masyarakat makalehi melaksanakan siaga.
4. Pukul 16.00 s.d. 17.00 Wita, di Kantor Kepala Kampung Makalehi Induk, Tim Terpadu melaksanakan Sosialisasi dengan mengumpulkan perangkat kampung (3 kampung) sebagai pembicara Danramil Siau, Kapolsek Siau Barat, Camat Siau Barat, Kabankesbang Sitaro, yang dihadiri 26 orang perangkat kampung dalam rangka menetralisir tentang isu yang berkembang.

5. Pukul 17.00 s.d. 20.00 Wita, Tim terpadu melaksanakan patroli darat dan laut bersama dengan perangkat desa guna menimbulkan kenyamanan masyarakat Makalehi (belum menemukan hal-hal yang menonjol terkait isu ISIS)
Catatan :

1. Pulau Makalehi terdapat 3 Kampung/Desa (makalehi induk 113 kk, makalehi timur 191 kk, makalehi utara 106 kk). 2. Pulau Makalehi jika dikeliling dengan menggunakan Speed boat sekitar 1 Jam dan jika ditempuh dengan jalan kaki keliling daratan pulau Makalehi sekitar 4,5 km.  3. Hasil wawancara dengan ibu kevin, Ybs terkesan ragu2 dalam memastikan kebenaran info tsb. Lokasi tempat terlihatnya OTK tidak ada penerangan/lampu. 4. Dari hasil kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim terpadu, sampai saat ini belum ditemukan Hal menonjol di pulau Makalehi (Info tentang adanya 4 OTK yg diduga ISIS, tidak dapat dibuktikan kebenarannya). 5, Hari ini (Rabu, 5/7) Tim terpadu akan kembali ke Siau. (tim)

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 05 Juli 2017 , , ,

0 komentar for "Kodam XIII Merdeka Keluarkan Pernyataan Perkembangan di Pulau Makalehi"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional