Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Katanya Deputi Kementerian P3A Ini Juga Pernah 'Diancam' Petugas Pemeriksaan di Bandara Sam Ratulangi ?

Sulut, detiKawanua.com - Deputi Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Vennetia Danes tidak memihak salah satu dan menilai dari kedua sisi kacamata korban maupun pelaku (insiden petugas Bandara Sam Ratulangi dan penumpang yang melakukan penamparan pada petugas,red) itu masih-masing ada hikmahnya. Menurut Danes bahwa untuk pelaku siapapun yang bersangkutan baik isteri Jendral sama dimata hukum jika melakukan kekerasan fisik ada konsekwensinya dan itu nanti ada dipersidangan. Begitupun untuk si korban, memberikan simpatik mampu menahan diri (tidak membalas perbuatan pelaku,red) namun juga ada catatannya (untuk korban petugas,red).

"Tapi kita tidak tahu rangkaian cerita sebelumnya, tapi semua itu ada hikmah yang kita petik. Bukan membela pelaku juga, tapi petugas-petugas Imigrasi di Bandara Sam Ratulangi harus di tatar bagaimana berlaku sopan. Tegas tapi sopan," nilai Danes, bersama sejumlah wartawan di konfrensi pers bersama Menteri P3A, Yohanan Yembise dan Kepala Dinas P3A Sulut, Mieke Pangkong di salah satu hotel ternama di Manado, baru-baru ini.

Lanjut Danes mengungkapkan 'fakta' pengalaman pribadi dirinya bahwa pernah mengalami hal yang dinilai kurang sopan dari petugas Bandara Sam Ratulangi Manado saat dirinya tiba dari Jakarta dan dilakukan pemeriksaan oleh petugas bandara.

"Terus terang saya ke Manado tidak pakai ajudan karena saya bukan Polisi dan saya juga pulang didaerah sendiri jadi angkat dan tarik barang sendiri di Airport (Sam Ratulangi Manado,red). Suatu waktu karena cepat-cepat didalam bawaan saya ada dua Aqua, lalu ter scan oleh alat dan ditegurlah saya oleh petugas 'Ibu ada air didalam', saking saya lupa dimana lokasi air tersebut saya melakukan pertanyaan, tapi dijawab petugas (diperkirakan dengan nada tinggi pakai bahasa Manado,red) 'Ibu to yang tau, ibu kwa yang ba pak, kyapa tanya pa kita' (Ibu yang mengetahuinya, karena ibu yang menyimpannya, kenapa mau tanya ke saya,red)," beber Dannes yang juga merupakan putri daerah Manado itu.
Lanjut ia bahwa tidak hanya itu, Dannes menilai selama saat dilakukan pemeriksaan juga mendengar perkataan kurang menyenangkan/kasar (bahasa Manado dari petugas laki-laki,red) tersebut. Dimana petugas perempuan di bandara itupun turut menyaksikan keadaan dirinya (Danes) 'dicaci maki'.

"Dan yang terakhir petugas itu mengeluarkan kata 'bantar kita injang-injang pa ibu' (nanti saya injak-injak ibu,red). Nah, mungkin sekarang (petugas,red) tersebut telah menerima batunya (balasannya) bertemu dengan ibu (suami mantan Jendral,red)," ungkap Danes, sembari menambahkan dirinya memanggil petugas dan pimpinan di bandara tersebut kemudian menanyakan lebih detail persoalan didikan kepada petugas, yang kemudian mereka meminta maaf, jika tidak kata Danes akan diproses hukum.

Menanggapi insiden di Bandara Samratulangi, melalui Menteri Yohana mengatakan pihaknya masih menunggu proses yang berjalan di Kepolisian dan akan melihat hasilnya setelah itu akan dikaji Kementerian P3A untuk langkah selanjutnya.

"Saya tidak bisa langsung mengvonis bahwa yang salah itu, korban atau si pemukul. Saya tidak melihat langsung kejadian, sehingga saya harus mendapatkan informasi dari kepolisian," kata Menteri.

Ia juga menjelaskan bahwa setelah diperiksa oleh pihak kepolisian dan hasilnya sudah jelas, baru bisa diinformasikan.

"Saya menunggu hasilnya, kalau sudah ada baru disampaikan ke media," tandas Yasona.
Hingga berita ini turun, masih akan masih akan dilakukan upaya konfirmasi lanjutan dari pihak terkait (petugas bandara dan Imigrasi,red)

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 10 Juli 2017 , , ,

0 komentar for "Katanya Deputi Kementerian P3A Ini Juga Pernah 'Diancam' Petugas Pemeriksaan di Bandara Sam Ratulangi ?"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional