Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

HUT ke-15 Tahun, Pemkab Talaud Gelar Festival Pulau Sara'a

SWM: Marijo Ke Talaud, Karena Talaud Keren



Talaud, detiKawanua.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud laksanakan agenda besar yang bertempat di Pulau kebanggaan Porodisa yakni Pulau Sara'a. Momentum yang diberi nama "Festival Pulau Sara'a 2017" ini, banyak menghadirkan pejabat Negara baik dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulut, dan seluruh masyarakat Talaud, serta tentunya juga wisatawan lokal dan mancanegara. Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Talaud yang ke-15 tahun ini, dirangkaikan dengan banyak pertandingan yang mengikutsertakan seluruh masyarakat Talaud. Pertandingan yang berpusat di Pulau tersebut dimaksud, di antaranya adalah Tarik Tambang, Lomba Perahu Hias, Voli Pantai, dan Saraingngu Ampania.

Acara pembukaan HUT daerah ini adalah dengan melakukan Upacara Bendera di Lapangan Apung yang bertempat di depan Pulau Sara'a. Yang hadir dalam kegiatan Pembukaan ini adalah Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE (SWM), Kepala Pusat Kajian Keuangan Negara Badan Keahlian DPR-RI Helmizar, Tenaga Ahli Kementerian Pariwisata Robert Waloni, Dandim 1301 Satal, Ketua Asosiasi Pengusaha Indinesia-China Roni Lumempouw, Ketua ASITA Meri, Ketua ASPI Jhon, Presiden Direktur Yayasan Prestasi Indonesia Wiliyarto Koyo, Pengelola Perbatasan Negara RI Ismawan bersama tim, Ketua Dekab Talaud George Rompah SPd, Wakil Ketua Dekab Talaud Gunawan Talenggoran SE MMar, Anggota Dekab Talaud yakni Semuel Bentian SH MH, Didimus Parapaga BA, Jim W. Maatuil SPd, Godfried Timpua SIP, Max FM Lua, Pdt. Van HR Ambuliling STh, Frelly S. Manahampi SH, Denny R. Marthin, Haroni Mamentiwalo, Joutje Adam SH, Anastasius Tiolong SPd, Richard Mangole SH MH, dan Reko Poae, Perwakilan Kajari Talaud, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Moh Maftukin SH dan jajaran, Kapolres Talaud AKBP Hendra Sukaca SSos dan jajaran, Perwira Penghubung 1301 Satal Mayor (Inf) Sigfried Panaha dan jajaran, Kepala Dinas Pariwisata Sangihe Tiwa, Kancab BRI Manado, Asosiasi Perguruan Tinggi Indonesia Olvy, Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Sulut Jhon Pinaria, Pimpinan Instansi Vertikal, Sekda Talaud Ir Adolf Binilang ME, para Staf Khusus Bupati Kepulauan Talaud, para Pejuang Perintis Otonomi Daerah, Pejabat Eselon II, III dan IV, serta seluruh ASN Pemkab Talaud, Camat se-Kabupaten Talaud, Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Talaud, Tokoh Muda, Tokoh Agama, Tokoh Pariwisata, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan seluruh masyarakat Talaud peserta lomba maupun wisatawan lokal dan mancanegara.


Upacara Bendera dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Kepulauan Talaud yang ke-15 tahun dilaksanakan di Pantai Sara'a ini Bupati SWM sebagai Inspektur Upacara, Komandan Upacara Kapten Laut (P) Ismail Hamid, Perwira Upacara Letda (P) Nanang SB, Pembina Pas/Lambang-lambang Letda Laut Ichwan, Pembawa Acara Fanmy S. Unsong SS MM, Pembaca UUD 1945 Yunias Lalenos, ADC Irup Megawati Sawori, Pembaca Doa Pdt Larinse, dan Barisan Upacara terdiri dari TNI, POLRI, PNS, Satpol PP, masyarakat dan mahasiswa.

Dalam sambutannya pada pelaksanaan Upacara Bendera, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE mengatakan, HUT yang ke-15 menjadi sangat istimewa karena upacara peringatan kali ini di Pulau Sara'a. Di samping kesungguhan dan komitmen membangun daerah ini, juga dalam rangka mempromosikan potensi daerah dalam mengembangkan pariwisata. Teramat istinewa lagi ketika seluruh elemen pelaksana pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Talaud, mampu melakukan refleksi dan kontemplasi dengan perjuangan dan pengorbanan yang tinggi serta semangat membangun daerah berkisar15 tahun, demi mewujudkan cita-cita bersama yaitu mencapai kehidupan dan masa depan Talaud yang lebih maju lagi.

"Para Pejuang pembentukan Talaud serta secara bergantian beberapa pemimpin yang menakhodai Kabupaten Talaud telah memberikan kontribusi, gagasan, bahkan buah karya bagi pembangunan. Oleh karena itu, saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih serta penghargaan yang tulus kepada semua tokoh yang sudah berperan aktif dalam memajukan pembangunan. Melalui kesempatan ini juga, saya mengajak kepada kita semua sebagai anak bangsa di Bumi Porodisa ini untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan, serta bersama-sama menolak segala bentuk ancaman yang merongrong keamanan, keutuhan, dan disintegritas bangsa Indonesia yang sama-sama kita cintai dan banggakan," imbau SWM, Senin (03/07).


SWM menambahkan, 15 tahun Kabupaten Talaud sudah mengisi ruang pembangunan bangsa dalam lintas sektor dan aspek, melalui optimalisasi potensi daerah dengan upaya untuk bergerak maju melanjutkan pembangunan daerah menuju kesejateraan ekonomi yang kuat dan berkeadilan.

"Saya mengajak kepada kita semua untuk selalu introspeksi atau mawas diri dalam menapaki setiap fase dalam perjalanan kehidupan, dan selalu memberi makna dan jawaban dalam setiap persoalan yang dijumpai dalam perjalanan pemerintahan dan pembangunan. Kita juga harus bersifat prospektif yakni berfikir ke depan, berupaya merancang program dan kegiatan pembangunan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, dalam upaya menginplementasikan Visi Kabupaten Talaud yaitu mewujudkan masyarakat Talaud yang rukun dan damai, bebas dari KKN," ajak SWM.

Lanjutnya, terkait dengan pencapaian visi tersebut, maka penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dilakukan secara transparan dan akuntabel. Hal ini dapat dibuktikan dengan Laporan Atas Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2016 oleh BPK RI Perwakilan Sulut, Kabupaten Talaid terima opini Wajar Tanpa Pengecualaian (WTP). Penghargaan ini sangat istimewa, karena hampir 15 tahun Pemkab Talaud dan masyarakat merindukan opini WTP ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Forkompimda dan DPRD Talaud yang sudah bersinergi dengan Pemkab Talaud serta stakeholder dari tingkat desa/kelurahan dan SKPD yang sudah bekerja sama dengan optimal sehingga, dapat menghasilkan LKPD 2016 yang sangat baik. Semoga opini WTP ini dapat terus dipertahankan pada LKPD tahun anggaran berikutnya. Akhirnya, saya mengucapkan selamat HUT yang ke-15 tahun kepada seluruh rakyat Talaud dari Tinonda sampai Napombalu. Dengan bertambahnya usia, semoga Talaud terus berkembang semakin memantapkan dan meningkatkan serta memperkokoh tekad dan semangat kita untuk terus mengintrospeksi dan merefleksikan tentang peran dan komitmen serta tanggung jawab seluruh komponen yang ada di daerah, untuk menjadikan Kabupaten Kepulauan Talaud lebih maju," kata SWM.


Setelah berakhir pelaksanaan upacara bendera, Bupati SWM memberikan penghargaan juara lomba evaluasi perkembangan desa/kelurahan dan kecamatan. Di samping itu juga, Bupati SWM dan Bank SulutGO Cabang Melonguane menerima penghargaan Adi Karya Satya Bhakti 2017 dari Yayasan Prestasi Indonesia.

"Pada tahun 2017 ini, kami memberikan penghargaan kepada 42 Tokoh terbaik di seluruh Indonesia dan salah satunya Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip. Penghargaan ini kami berikan setelah kami melakukan survey terlebih dahulu sekira 6 bulan yang lalu. Hasil dari tim survey ini kami simpulkan di kantor kami di Jakarta. Selain tatap muka dengan Ibu Bupati, tim kami juga melakukan kajian di lapangan dengan menjumpai masyarakat dan kementerian terkait dalam hal ini Mendagri, untuk mendapatkan referensi dalam penilaian. Hasilnya adalah tokoh atau figur ini yang sangat baik sekali dalam memajukan Kabupaten Talaud selama ini, yang didukung dengan pelayanan kepada kepada masyarakat sangat maksimal dan tata pengelolaan keuangan yang bersih. Itulah indikator penting dalam penilaian kami," ujar Presiden Direktur Yayasan Prestasi Indonesia Drs Wiliyarto Koyo MM setelah menyerahkan penghargaan tersebut.

Kemudian, kegiatanpun dilanjutkan dengan Sidang Paripurna DPRD Talaud dalam rangka HUT Daerah yang ke-15 Tahun, yang dipimpin oleh Ketua Dekab Talaud George Rompah SPd dan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Talaud Gunawan Talenggoran SE MMar, bersama dengan Bupati SWM, Forkompimda, seluruh PNS jajaran Pemkab Talaud serta masyarakat Talaud.

"Generasi kita yang telah menerima hasil perjuangan kabupaten Talaud yang selama 15 Tahun telah nampak pembangunan pesat yang sudah digenjot oleh Pemkab Talaud. Sambil kita mengingat semangat perjuangan Tokoh Besar Negara ini Bung Karno berkata, Bangsa yang tidak segan menumpahkan darahnya di masa pertempuran tak segan mengucurkan keringatnya di masa pembangunan," imbuh Ketua Dekab Talaid George Rompah SPd saat mengawali pembukaan sidang paripurna tersebut.


Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE dalam sambutannya pada Sidang Paripurna DPRD Talaud dalam rangka HUT ke-15 tahun, mengatakan, sidang paripurna ini menjadi sangat istimewa lagi ketika seluruh elemen pelaksanaan pemerintahan mampu untuk melakukan refleksi betapa kurang lebih selama 15 tahun berjuang untuk mewujudkan Kabupaten Talaud yang lebih maju lagi.

"Saya menyampaikan rasa terima kasih kepada pimpinan dan seluruh Anggita DPRD Talaud serta seluruh elemen masyarakat Talaud, yang terus mencurahkan daya dan upaya serta bhakti untuk kemajuan tanah Porodisa yang tercinta. Tidaklah berlebihan bila paripurna kali ini dilaksanakan di Pulau Sara'a. Ini merupakan bukti nyata dan hasil kemitraan dalam rangka kita menyatukan seluruh aspek politik, ekonomi, dan sosial budaya, yang tertuang dalam kebijakan daerah yang akhirnya bermuara pada komitmen bersama untuk membangun Kabupaten Talaud. Untuk itu diucapkan terima kasih kembali dan apresiasi yang tinggi serta salut kepada seluruh Anggota Dekab Talaud," urai SWM.

Setelah itu, kegiatanpun dilanjutkan dengan rangkaian Festival Pulau Sara'a yakni pertandingan perahu hias, tarik tambang, Saraingu Ampania dan voli pantai. Bupati SWM, tamu/undang VIP, Forkompimda, DPRD Talaud dan masyarakat ambil bagian dalam pertandingan tarik tambang.

"Talaud akan menjadi destinasi wisata unggulan dan kami tidak menyesal datang kemarin," pesan dan kesan disampaikan oleh Ketua ASITA Sulut Merry sebelum dimulainya pertandingan.


Pesan dan kesan lainnya disampaikan oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia China Rony Lumempouw, yang mengatakan, representasi yang diambil dari kegiatan pariwisata yakni di Sumatera Utara (Sumut), Kalimantan Utara (Kaltara), dan Sulut.

"Luar biasa pulau ini dan pasirnya memang sangat halus. Saya akan presentasikan pulau ini dan kami akan carikan investor China akan memperindah Sulut khususnya Talaud dengan wisata. Talaud memang memiliki 2 destinasi wisata yang harus dikembangkan dan sangat menarik bagi dunia, yakni Festival Sara'a dan Manee di Kakorotan, dan Manami di Miangas. Talaud akan berkembang melalui investasi pariwisata," sebut Rony.

Senada dengan Rony, Staf Khusus Menteri Pariwisata Robert Waloni mengatakan, pariwisata di Indonesia menjadi sektor utama untuk mendorong pembangunan yang dapat memberikan kesejahteraan masyarakat melalui lapangan pekerjaan.

"Bupati SWM telah membuktikan bahwa Talaud juga Keren yang terbukti Festival Pulau Sara'a terlaksana sukses," ungkap Waloni.


Untuk mengakhiri kegiatannya di hari itu, Bupati SWM mengunjungi 16 stand pameran yang disiapkan oleh kecamatan. Pameran yang disajikan oleh setiap kecamatan di antaranya adalah kerajinan kayu Mahoni yang dibuat Kapal Layar dan Patung, lukisan dari pasir putih, dan kerajinan anyaman.

Saat kunjungan, SWM mengatakan, Bandara Sam Rtulangi akan menyiapkan tempat untuk hasil karya dari masyarakat Talaud seperti perahu dan lukisan pasir. "Karya ini sangat luar biasa dan sangat layak untuk dipamerkan kepada wisatawan," katanya.

"Kapal layar terbuat dari Kayu Mahoni desa Bitunuris, kecamatan Kelompok. Kerajinan Burung dari kayu Kelapa, pasir pantai. 1 minggu pembuatan. Pemberdayaan masyarakat untuk usaha masyarakat yang mempunyai daya kreasi yang salah satu kendalanya adalah modal dan pemasaran. Bupati akan memfasilitasi di bandar udara Sam Ratulangi. 7 kerajinan," jelas Sekretaris Kecamatan Salibabu Aleni Bansaga SIP MM saat dijumpai di stand Kecamatan Salibabu.

Diketahui, jumlah yang hadir di sepanjang Pulau Sara'a dalam kegiatan tersebut sekitar 10 ribuan, dan kegiatan ditutup dengan menerbangkan lampion. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 04 Juli 2017 , , , , ,

0 komentar for "HUT ke-15 Tahun, Pemkab Talaud Gelar Festival Pulau Sara'a"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional