Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Galian C di Lolombulan Semakin Para, Ancam Eksistensi Hutan Lindung

Aktivitas Alat berat Pada Lokasi Galian C Gunung Lolombulan

MINSEL , detikawanua.com - Kawasan Hutan di gunung lolombulan yang berada di wilayah kecamatan Motoling barat merupakan kawasan hutan Lindung, yang harusnya bebas dari kegiatan pengerukan ,penambangan galian C Namun apaboleh dikata Kini hutan Lindung Lolombulan sudah terancam keberadaannya dan sangat meresahkan warga apalagi desa Raanan baru Kecamatan Motoling barat.

Uding Kawengian tokoh pemuda desa Raanan baru misalnya sudah sangat gerah dengan pengusaha galian C yang telah beraktivitas cukup lama tanpa ada kontrol atau pengawasan dari pemerintah apalagi anggota Dewan, penambangan Galian C yang terletak di lokasi hutan lindung Gunung Lolombulan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menurut Uding harus segerah di hentikan. “Ungkap Uding Kamis (13/07/17).


Kerusakan hutan tersebut semakin para dan berdampak pada keadaan jalan yang semakin rusak, padahal hutan lindung ini menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat yang tinggal di beberapa desa di wilayah Motoling Barat minsel seperti, Desa Raanan baru, Desa Tondei, Desa Kroit, Desa Toyopon serta Desa Pelita.” ujar Kawengian.

Lagi kata kawengian,“ Kami minta pemerintah untuk bertindak untuk menghentikan aktivitas Galian C di lokasi hutan lindung lolombulan, dan mengungkap siapa aktor dibelakang semua ini. Karena besar dugaan kami aktivitas galian C tersebut diduga tidak mengantongi ijin yang lengkap. Kalau tidak , sebagai warga masyarakat yang ada di desa Raanan baru akan mengambil tindakan.”tegas Kawengian.

Dijelaskan Kawengian, “hutan lindung yang lebat di Gunung Lolombulan, adalah sumber kehidupan kusus nya bagi masyarakat Raanan baru, dengan  kelebatan hutan tersebut sehingga menyimpan begitu banyak kehidupan karena menjadi penampung sumber air. Yang sudah menghidupi ribuan jiwa masyarakat desa kami.”paparnya

“ Kalau aktivitas penambangan Galian C di beberapa titik yang ada di Hutan lindung Lolombulan itu tidak di hentikan, maka kami akan menghentikan truk – truk pengangkut material yang melintas di desa kami.” Jelas Uding Kawengian.

Pihaknya sebagai Warga masyarakat  raanan baru sangat menyesali dengan adanya galian – galian C yang ada di Minsel khusus nya di Kecamatan Motoling Barat.

“ Di seputaran gunung Lolombulan saya lihat sudah ada beberapa titik pengrusakan hutan. Kalau ini dibiarkan terus terjadi, akan berdampak ke anak dan cucu kita, karena gunung lolombulan ini adalah Sumber mata air yang menghidupi seluruh masyarakat Raanan baru,” terang Kawengian seraya mewarning Pemerintah dan instansi terkait untuk mengambil tindakan, hentikan aktivitas galian C tersebut.

Hal senada di katakan Kendy Kodongan warga Raanan baru,” Kalau Pemerintah lambat bertindak, kami akan mengambil tindakan, jalan di desa kami sudah mulai rusak akibat sering di lewati truk – truk pengangkut material galian C .” tukas Kodongan.
( Vandytrisno/ ■ HL )

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 13 Juli 2017 ,

0 komentar for "Galian C di Lolombulan Semakin Para, Ancam Eksistensi Hutan Lindung"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional