Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Eselon II Pemprov Sulut Aktiv Peluang Duduki Plt dan Penjabat di 6 Daerah Pilkada

Sulut, detiKawanua.com - Pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada serentak di Indonesia khususnya di 6 Kabupaten Kota di Provinsi Sulut diantaranya Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara, Sitaro, Talaud, Bolaang Mongondow Utara dan Kota Kotamobagu pada tahun 2018 nanti, tentunya akan terjadi kekosongan jabatan bagi kepala daerah yang ingin mencalonkan diri maju kembali/Incumbent. Dimana hal itupun sudah tentu identik dengan penempatan Pelaksana Tugas (Plt) dan Penjabat (Pj) untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerahnya (Incumbent) untuk kelanjutan roda pemerintahan di wilayah tersebut.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (OTDA) Pemprov Sulut, Jemmy Kumendong ketika ditanyakan terkait dengan wilayah/daerah dan ketentuan pelaksanaan Plt dan Pj tersebut menerangkan kemungkinan dari 6 daerah Pilkada di Sulut hanya satu daerah yang akan diduduki oleh Pj yakni Kabupaten Minahasa karena dihitung sesuai akhir masa jabatan (Bupati lama,red) pada tanggal 27 Maret 2018.

"Pelaksanaan Pilkada kemungkinan tanggal 27 Juni. Untuk Kabupaten Kepulauan Sitaro (bukan Incumben,red), Mitra, Kotamobagu, Bolmut serta Talaud itu kemugkinan Plt. Jadi kalau sesuai pengalaman saya, Plt itu akan mengisi selama cuti kampanye," ujar Kumendong.

Dirinya pula menjelaskan bahwa, perbedaan antara Plt dan Pj tersebut hanya soal melekatnya kewenangan seperti halnya Plt itu sifaynya hanya dikukuhkan juga segala tidak melekat terhadap kewenangan.

"Itu (Plt) bisa kewenangannya tapi diatur Menteri Dalam Negeri (Mendagri) termasuk dalam pengelolaan keuangan, administrasi serta tidak bisa melakukan mutasi. Kalau Pj itu prosesnya dilantik dan melekat pejabat daerah dan kewenangannya," terangnya sembari mengatakan bagi posisi Plt dan Pj harus dari pejabat eselon II Pemprov Sulut yang aktiv dan sesuai rekomendasi pimpinan.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 06 Juli 2017

0 komentar for "Eselon II Pemprov Sulut Aktiv Peluang Duduki Plt dan Penjabat di 6 Daerah Pilkada"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional