Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Dapat Pujian, Inilah Wajah Baru Desa Tumaluntung

Minsel, detiKawanua.com - Tak menunggu lama, penggunaan Dana Desa (Dandes) Tahap pertama tahun 2017 di kabupaten Minahasa Selatan telah mulai dikerjakan. Dari 167 desa di kabupaten Minsel, kegiatan didominasi oleh infrastruktur jalan desa dan sentra produksi pertanian. Hal ini sejalan dengan program Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE (CEP), pembangunan mulai dari desa. Karena menurut Bupati CEP, desa merupakan tolak ukur keberhasilan suatu daerah.

Hal ini juga tertuang dalam program unggulan Pemerintahan Presiden Republik Indonesia Ir Jokowidodo dengan Nawa Cita Kabinet Kerja pada Poin ke-3, hal ini jelas bahwa pemerintahan Jokowi - JK berkeinginan dengan harapan penuh akan terciptanya pembangunan dari pinggiran dan juga dari desa-desa untuk pemerataan yang berkeadilan.

Menjadi program unggulan dari Bupati Minsel yang akrab disapa Tetty, ke depan pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, harus berawal dari peningkatan taraf hidup plus ditunjang dengan pembangunan dari desa,

Desa Tumaluntung misalnya. Desa yang dipimpin Hukum Tua Max Lambonan yang berjiwa membangun dengan motto Kerja-kerja, telah memberikan wajah baru bagi desa Tumaluntung. Kegiatan pembangunan jalan dengan Rabat Beton (panjang 422 m, lebar 7 m, dengan ketebalan 0,12 cm), bersumber dari Dandes Tahun 2017, menjadi hal yang dinanti masyarakat desa Tumaluntung,

"Saya lakukan atas aspirasi masyarakat lewat musyawarah bersama dengan BPD dan perangkat desa. Yang pasti keinginan masyarakat dibahas untuk mencari skala prioritas. Memang ada 4 kegiatan pembangunan fisik dan 1 non fisik untuk tahun ini (dengan total anggaran Dandes Rp 767.123.000), tapi untuk kegiatan pengerjaan pembangunan jalan dengan Rabat Beton anggaran Rp 404.265.000," jelas Lambonan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Minsel Drs Evert Poluakan MSi saat dikonfirmasi di sela rapat koordinasi, mengaku, pengerjaan jalan dengan Rabat Beton di desa Tumaluntung memang baik. "Yang pasti, jika sesuai dengan aturan dan mekanisme, pastinya tidak akan ada masalah," imbuh Poluakan, yang langsung diiyakan Kabid Pemerintahan Desa Altin Sualang SSTP MPA dengan pujian.

"iya, kegiatan Rabat Beton di Desa Tumaluntung cukup baik dan terlihat sesuai," ucap Altin dengan senyum. (Vandytrisno)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 11 Juli 2017 ,

0 komentar for "Dapat Pujian, Inilah Wajah Baru Desa Tumaluntung"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional