Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Bupati SWM Terima Penghargaan Pastika Parahita dari Kementerian Kesehatan

Bupati Manalip saat menerima Penghargaan Pastika Parahita (atas), dan Penghargaan Pastika Parahita untuk Pemkab Talaud (bawah).
Talaud, detiKawanua.com - Dalam kegiatan Pertemuan Aliansi Bupati/Walikota Peduli Kawasan Tanpa Rokok dan Penyakit Tidak Menular di Tehe Alana Hotel dan Convention Center, Yogyakarta, Rabu (12/07), juga dilangsungkan penyerahan penghargaan kepada 259 Bupati/Walikota di Indonesia, yang terbagi: kategori 1 penghargaan Pastika Parama untuk 66 kabupaten/kota, kategori 2 penghargaan Pastika Parahita sebanyak 89 kabupaten/kota, dan kategori 3 penghargaan Paramesti sebanyak 104 kabupaten/kota.

Berikut klasifikasi penghargaan yang dibuat oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementrian Kesehatan RI:
Kriteria 1: Yang telah menetapkan dan mengimplementasikan Perda KTR serta kebijakan lain, terkait Pengendalian Konsumsi Hasil Tembakau mendapatkan penghargaan Pastika Parama yang berarti Kristal paling Unggul dalam memperjuangkan kesejahteraan masyarakat.
Kriteria 2: Daerah yang baru bisa menetapkan Perda KTR tetapi belum melakukan implementasi. Mendapatkan anugerah Pastika Parahita yang berarti Kristal Pejuang yang lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat.
Kriteria 3: Kabupaten/Kota yang baru dapat menetapkan Perbup atau Perwali, dianugerahi Piagam Paramesti, yang artinya Berdiri di depan untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat.

Sehubungan dengan kriteria di atas, maka Kabupaten Kepulauan Talaud meraih penghargaan Pastika Parahama, sehingga menambah raihan penghargaan yang sudah banyak didapati oleh Pemkab Talaud melalui kepemimpinan Bupati SWM.

Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE (SWM) mengatakan, dengan diterimanya penghargaan Pastika Parahita (daerah yang baru bisa menetapkan Perda KTR tetapi blm melakukan implementasi), itu berarti bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud bersama dengan DPRD mempunyai tanggung jawab bersama untuk melakukan implementasi/pemberlakuan isi perda dimaksud, antara lain akan ditetapkan kawasan tanpa asap rokok di lingkungan perkantoran, sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, puskesmas, dan tempat lainnya, yang dianggap penting untuk diterapkan KTR.

Lebih lanjut, Bupati mengingatkan, bahwa perlu adanya dukungan kerja sama dari semua pihak untuk implementasi Perda dimaksud. "Karena demi dan untuk memperhatikan kesejahteraan masyarkat Talaud," kata SWM, Bupati perempuan pertama pilihan masyarakat Talaud.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr. Kerry Monangin ME mengatakan, implementasi atas penerapan Perda untuk menekan angka kesakitan yang disebabkan oleh rokok atau produk Tembakau, yakni penyakit jantung, stroke, kanker paru, gula, dan penyakit kardiovaskuler yang merokok, serta menekan angka perokok pemula (remaja dan pemuda).

"Untuk itu perlu dukungan semua stakeholder untuk mensosialisasikan serta memberikan contoh kepada masyarakat tentang bahaya merokok," ungkap Monangin.

Terkait prestasi yang sudah didapat oleh Pemkab Talaud, Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Talaud Fanmy S. Unsong SS MM menyampaikan, ini merupakan suatu penghargaan yang sangat prestisius diberikan kepada Pemkab Talaud, karena itu kinerja dan dukungan dari masyarakat Talaud dalam bersama-sama menyukseskan program-program yang berhubungan kesejateraan rakyat.

"Tentunya melalui sinergitas antara Pemkab dan Dekab juga masyarakat, Talaud akan meraih preatasi lebih banyak lagi ke depan, serta berharap dapat memberikan dampak demi kemajuan Talaud. Dan akhirnya saya ucapkan selamat kepada Bupati SWM yang sudah menerima penghargaan ini, dan tidak lupa juga itu merupakan sebuah karya yang sangat luar biasa didapati oleh Bupati tangguh, kuat, dan berani, penjaga perbatasan utara NKRI," sebut Unsong, Juru bicara Pemkab Talaud. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 13 Juli 2017 , , ,

0 komentar for "Bupati SWM Terima Penghargaan Pastika Parahita dari Kementerian Kesehatan"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional