Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Bupati Beri Pencerahan Sejarah Lebaran Ketupat

Acara ketupan dihadiri Bupati Landjar.

Boltim, detiKawanua.com - Masih dalam suasana Idul Fitri 1438 Hijriah, Pemerintah Desa dan Masyarakat Tutuyan menggelar lebaran ketupat sekaligus Halal Bil Halal di Masjid Nur Jannah Tutuyan. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bolaang Mongindow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH.

Lewat penyampaiannya, Bupati sedikit memberikan gambaran tentang sejarah budaya lebaran ketupat. menurut Bupati, tradisi tersebut merupakan kebiasaan ulama terdahulu asal jawa dan padang yang melakukan puasa 6 hari di bulan Syawal. sehingga pada puncaknya, di hari ketujuh bulan syawal mereka merayakan keberhasilan berpuasa tersebut, dengan berkumpul di masjid lalu makan ketupat bersama.

"Jadi, ini merupakan kebiasaan orang-orang terdahulu demi merayakan keberhasilan mereka berpuasa di bulan syawal," kata Bupati.

Lanjut Eyang, selain merayakan keberhasilan itu, mereka (ulama) juga menjadikan momentum dengan ikon ketupat ini dengan bersilaturahmi sesama umat.

"Sebab dalilnya adalah, meskipun kita telah melalui bulan ramadhan dengan puasa penuh, ibadah dan sedekah, tanpa diakhiri dengan saling bermaaf-maafan atau bersilaturahmi maka, semua ibadah tersebut tidak ada nilainya dimata Allah. sehingga, silaturahim ini merupakan penyempurna dari segala ibadah kita," papar Bupati Landjar.

Dihadapan seluruh masyarakat yang hadir, Eyang berharap kepada  warga khususnya di Boltim, terus mempererat ikatan silaturahmi antar umat beragama. Hal ini dianggap sebagai kunci utama kemajuan segala program pembangunan daerah. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 06 Juli 2017 ,

0 komentar for "Bupati Beri Pencerahan Sejarah Lebaran Ketupat"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional