Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Bangun Ekonomi Kerakyatan di Talaud, Bank SulutGo Programkan KMUS

Penyerahan penghargaan dari Yayasan Prestasi Indonesia kepada Bank SulutGo Melonguane, beberapa waktu lalu.

Talaud, detiKawanua.com - Peningkatan ekonomi mikro kerakyatan dibutuhkan beberapa lembaga terkait untuk mendongkak program pemerintah yang pada umum berhubungan erat dengan peningkatan perekonomian masyarakat desa di pelosok Indonesia, secara khusus Kabupaten Kepulauan Talaud, yang harus didukung demi mensejahterakan rakyat. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Cabang Bank SulutGo Melonguane Oske Kaligis kepada wartawan detiKawanua.com.

"Bank SulutGo ini merupakan aset daerah yang harus dijaga oleh setiap stakeholder dalam hal ini pemerintah dan masyarakat Provinsi Sulut dan Gorontalo, sehingga harus juga dipupuk dan dibina. Karenanya kami terus melakukan langkah kerja sama yang baik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud, dan Bank SulutGo ini merupakan bagian dari Pemkab Talaud yang juga merupakan representasi dari masyarakat Talaud. Jadi, setiap kegiatan Pemkab Talaud, pihak kami selalu mengambil bagian," ungkap Kaligis saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (11/07) siang tadi.

Kalingis menambahkan, hubungan kemitraan ini terus terjalin ketika kami mengelola kas daerah sehingga kontribusi juga harus kami lakukan terus menerus, yang bertujuan juga sesuai dengan visi misi yakni memberikan kontribusi pelayanan yang terbaik masyarakat.

"Pihak kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat Talaud melalui Pemkab Talaud, agar masyarakat rajin menabung dan mempergunakan jasa bank sebagai alat kelengkapan transaksi. Hal ini sangat memiliki dampak bagi pengembangan ekonomi kerakyatan. Sebagai contohya, yang sudah kami lakukan adalah Kredit Mitra Usaha Sejatera (KMUS), yang memberikan bunga murah, persyaratan sangat mudah, dan yang pastinya cepat dan yang pastinya ada usaha dan legalitasnya lengkap, dan pinjaman 20 juta maksimal, itu tidak menggunakan jaminan. Ini memang kami lakukan karena untuk meransang ekonomi masyarakat, sehingga kami menyediakan fasilitas kredit yang bisa dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah," kata Kaligis.

Ditanyakan mengenai pendekatan pelayanan, Kaligis mengatakan, bahwa untuk wilayah utara Talaud, Kantor Cabang Pembantu Bank SulutGo sudah didirikan di Beo, dan ini tentunya sangat membantu bagi nasabah di beberapa Kecamatan yang ada di sana.

"Fungsi kita adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan tidak menutup kemungkinan akan ada juga dibangun Kantor Cabang Pembantu untuk beberapa daerah yang terlalu jauh jarak dengan Beo, seperti Gemeh, Tampan 'Amma, Nanusa, dan Miangas, dan tentunya bisa dijangkau masyarakat. Untuk saat ini, meminimalisir jangkauan jarak tersebut kami telah melaksanakan program transaksi BSC Digital, yang di antaranya Samsat Online, PLN, dan Pajak. Kita sudah jalankan program tersebut, tinggal memperbaiki jaringan dan perangkatnya. Sementara proses. Dan kita tempatkan di Cabang Melonguane dan juga di fitur-fitur ATM," ujar Kaligis.

Akhirnya, Kaligis mengatakan, ketika diterimanya penghargaan dari Yayasan Prestasi Indonesia yang diserahkan oleh Presdir Wiliyarto, beberapa waktu lalu di Pulau Sara'a, bersamaan dengan Festival Pulau Sara'a 2017 dan HUT daerah yang ke-15 tahun, ini sangat memberikan motivasi yang sangat luar biasa.

"Ini merupakan penghargaan yang sangat wah terkait pengelolaan keuangan terbaik di perbatasan, dan wajib bagi kami untuk mempertahankan dan meningkatkan. Dan lebih luar biasa lagi, penghargaan yang diterima ini langsung diacarakan di Pulau Sara'a yang disaksikan oleh ribuan masyarakat Talaud. Terima kasih kami ucapakan untuk Pak Wiliyarto dan jajaran," tutup Kaligis. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 11 Juli 2017 , ,

0 komentar for "Bangun Ekonomi Kerakyatan di Talaud, Bank SulutGo Programkan KMUS"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional