Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

30 Hektare Dipersiapkan Untuk Lahan TPA Regional 4 Kabupaten Kota Ini

Manado, detiKawanua.com - Rencana pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah untuk empat kabupaten kota, yakni Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Utara, semakin dimatangkan oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut. Seperti halnya pada Rabu (05/07), melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah menggelar rapat koordinas bersama Dinas Lingkungan Hidup (LH) Sulut dan perwakilan keempat Pemda kabupaten kota terkait membahas berbagai perencanaan hingga teknis.

Melalui Kepala Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PSPLP) di PU Sulut, Abubakar Idrus mengatakan, bahwa Pemprov Sulut melalui Gubernur (Olly Dondokambey,red) bersama kabupaten kota telah membuat kesepakatan bersama untuk membangun salah satu TPA Regional, namun sebelum pembangunan tersebut harus ada persiapan termasuk kesiapan kelembagaan (Unit Pelaksanan Tugas-UPT) untuk khusus pengelolaan TPA tersebut.

"Memang ini sangat mendesak untuk kita tangani karena memang juga kabupaten kota kekurangan lahan. Tapi, pasca pembangunan (TPA) harus ada pengelolanya, jadi kelembagaan sudah harus disiapkan sebelumnya," terang Abubakar.

Ditanyakan soal perizinan dari TPA Regional juga, dirinya menjelaskan hal tersebut adalah tugas pemerintah pusat dan melalui daerah mengkondisikan APBD secara bekerjasama yang dibuat rencana peraturan daerah (Perda) pengelolaan sampah dan analisis dampak lingkungan (Amdal).

"Pemerintah pusat menyiapkan Masterplannya termasuk pendampingan kelembagaannya. Jadi pemerintah pusat membantu pemerintah provinsi," terangnya sembari menambahkan tahap perencanaannya sementara jalan berdasarkan kajian-kajian, kalau sudah selesai tahun ini maka pada tahun 2018 sudah mulai dibangun serta direncanakan pada tahun 2019 sudah siap digunakan yang hanya ada satu TPA Regional yang pakai empat kabupaten kota tersebut.

"Rencananya disiapkan lahan 30 hektar di wilayah Pandu dan nantinya di bawah pengelolaan DLH Sulut," tutupnya.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 06 Juli 2017

0 komentar for "30 Hektare Dipersiapkan Untuk Lahan TPA Regional 4 Kabupaten Kota Ini"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional