Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Selain Soal 300 TKA PT Conch, Tumundo Pun Ingatkan Perusahaan Bayar THR Sesuai Syarat

Manado, detiKawanua.com - Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mencatat dari tenaga kerja asing (TKA) asal China yang bekerja di perusahaan semen PT Conch di Lolak Kabupaten Bolmong sekarang ini berjumlah 300 orang yang kesemuanya memiliki dokumen Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dan Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) serta Imigrasi.

"Untuk tenaga kerja lokal ada 1.000 orang, datanya (TKA) lengkap baik untuk PT Conch dan Subconnya ada jika ingin di lakukan verifikasi semua ada," jelas Kepala Disnakertrans Sulut, Erni Tumundo di kantornya, Rabu (07/06).

Sementara itu disisi lain terkait persoalan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan perusahaan yang beragama Islam dan akan merayakan Hari Raya Idul Fitri nanti, Tumundo mengingatkan kepada pihak perusahaan berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 dan juga surat edaran Menaker Nomor 3 Tahun 2017.

"Untuk perusahaan wajib membayar THR kepada pekerja paling lambat 1 minggu sebelum hari raya," kata Tumundo.

Adapun untuk persyaratan bagi penerima (buruh/karyawan) THR tersebut yang sudah terhitung selama 1 bulan bekerja secara terus menerus.

"Ada perhitungannya, contoh kalau dibawah 12 bulan atau hanya 11 bulan dibahagi 12 dan dikalikan upah pokok. Kalau sudah bekerja lebih dari 12 bulan atau diatas 1 tahun dia (pekerja) wajib mendapatkan THR berupa 1 bulan upah pokok," terangnya, sembari menambahkan medirikan posko di Kabupaten Kota yang hal itu merupakan surat edaran dari Menteri ke Bupati Walikota untuk wajib membuka posko terkait keluhan THR dan untuk sanksi peraturannya bagi perusahaan yang tidak melakukan pembayaran THR, akan merunut aturan Kemenaker Nomor 6 Tahun 2016. (IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 07 Juni 2017 , , , , ,

0 komentar for "Selain Soal 300 TKA PT Conch, Tumundo Pun Ingatkan Perusahaan Bayar THR Sesuai Syarat"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional