Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Safari Ramadhan Wagub dan TP PKK Sulut Ini di Perbatasan Wilayah Laut Maluku

Sulut, detiKawanua.com - Safari Ramadhan 1438 Hijriyah yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut pada Selasa (13/06), bertempat di Desa Bentenan Kecamatan Pusomaen Minahasa Tenggara (Mitra) dan dipimpin Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw bersama Ketua TP PKK Sulut, Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan didampingi Wakil Ketua, Kartika Devi Kandouw-Tanos. Pantauan detiKawanua.com, agenda religius tahunan bagi umat Islam itu selain menuai perhatian khusus dari masyarakat Bentenan (warga yang Muslim,red), menariknya juga ternyata desa tersebut dikenal sebagai salah wilayah strategis daerah perbatasan Kabupaten Mitra dengan wilayah laut Maluku (secara nasional antar provinsi,red) dan Kabupaten Minahasa (secara lokal di Sulut,red).

Dalam sambutan Wagub Kandouw yang mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey pun dalam memaknai bulan suci Ramadhan ini bahwa hal melaksanakan Ibadah Puasa selama 30 hari memang memberikan banyak manfaat diantaranya pada awalnya diawali dengan penuh berkah, kemudian dipertengahan ada ampunan dan pada akhirnya meraih kemenangan.

"Bulan ini (Ramadhan/Puasa,red) adalah bulan penuh kesabaran, pertolongan dan bulan dipenuhi dengan rezeki untuk semua. Pertama-tama melalui bapak Gubernur atas nama pemerintah provinsi mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa," kata Wagub, sembari mengatakan terlebih di Minahasa Tenggara untuk safari Ramadhan Provinsi dirangkaikan dengan buka puasa bersama-sama kaum Nahdliyin (sebutan untuk warga Nahdatul Ulama) sangat berkesan.

Dihimbaunya pula pada kesempatan tersebut untuk mengajak warga masyarakat khususnya di Mnahasa Tenggara agar terus membangun dan menjaga rasa persaudaraan.

"Baik itu persaudaraan sesama Muslim dan persaudaraan dalam berbangsa tidak bisa dipisah-pisahkan. Mudah-mudahan suasana seperti ini di Bentenan, Minahasa Tenggara dan Provinsi Sulawesi Utara ini menjadi cermin suasana nasional, dimana seluruh elemen masyarakat dan seluruh akidah bisa duduk bersama-sama menjalankan syariat masing-masing dengan tidak melupakan persaudaraan kebangsaan. Saya pikir hal-hal ini sudah ada dalam hati sanubari kita semua, mari kita terus jaga persaudaraan kita terutama di bulan penuh rahmat ini," ungkap Kandouw diakhir sambutan sembari menambahkan atas nama Gubernur menyumbangkan bantuan kepada warga Bentenan (atas permintaan pembangunan pagar Masjid,red) berupa uang tunai Rp30 Juta dan akan digenapkan oleh Bupati Minahasa Tenggara (James Sumendap) Rp20 Juta sehingga total menjadi Rp50 Juta.

Sebelumnya melalui penceramah agama/Tausiah yakni, Habib Ustad Mukman Assagaf menyampaikan bahwa, pada bulan Puasa ini juga adalah momen silaturahmi yang baik untuk semua manusia.

"Tentunya silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat untuk lebih saling dekat. Untuk itu, kami juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan perhatian dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara beserta pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara dapat bersama-sama dengan masyarakat Bentenan kali ini," kata Assagaf.

Adapun melalui Bupati James Sumendap mengungkapkan alasannya kenapa kegiatan ini (Safari Ramadhan/buka puasa bersama,red) diadakan di Desa Bentenan? Karena menurutnya, salah satunya Bentenan ini merupakan Desa penjaga perbatasan Minahasa Tenggara.

"Yang pada halnya dijaga oleh Masjid (masyarakat Islam Bentenan,red). Selanjutnya, saya teringat pada tahun 2013 lalu (prosesi Pilkada,red) isehingga saya langsung mintakan pelaksanaannya harus di Bentenan, yang selain itu sebagai bentuk perhatian saya pembangunan jalan/lorong sudah diaspal serta pembangunan pemecah ombak pun saya laksanakan," ungkap Sumendap.

Adapun diakhir kegiatan tersebut dilanjutkan penyerahan sejumlah bantuan oleh Wagub dan TP PKK Sulut kepada masyarakat dan anak Yatim Piatu. Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wakil Bupati Mitra, Ronald Kandoli, para pengurus NU Provinsi Sulut dan Mitra, Danlanud Sri (mewakili Pangdam XIII Merdeka dan Polri,red), Kemenag Mitra, Ketua PHBI Sulut, para pejabat Eselon II lingkup Pemprov Sulut beserta para anak yatim dan masyarakat Bentenan, juga segenap jajaran SKPD Kabupaten Mitra.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 14 Juni 2017 , ,

0 komentar for "Safari Ramadhan Wagub dan TP PKK Sulut Ini di Perbatasan Wilayah Laut Maluku"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional