Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Pemkab Talaud Akan Pertahankan Opini WTP yang Sudah Diraih

Gumansalangi: Ini Komitmen Bupati SWM


Talaud, detiKawanua.com - Beberapa waktu lalu, tepatnya Jumat (09/06), Pemkab Talaud Setelah terima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diserahkan langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sulut atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2016 di Kantor BPKP Propinsi Sulut di Manado.

Dengan didapatkannya prestasi gemilang dalam pengelolaan keuangan ini, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE melalui Inspektur Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Ir. Mody R. Gumansalangi ME menyampaikan, laporan keuangan Pemerintah daerah wajib hukumnya harus dinilai oleh BPK yang nantinya akan menimbukan opini. Penilaian Laporan keuangan oleh BPK tidak mengacu pada "Benar" atau "Baik", tapi pada opini kewajaran. Ada empat opini penilaian BPK RI yakni Disclaimer, Tidak Wajar (WT), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), dan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Sesudah diterima WTP tidak lama ini, semua kekurangan diberikan waktu oleh BPK selama 60 hari untuk melengkapi admnistrasi. Itulah proses tindak lanjut yang dilakukan oleh BPK," ungkap Gumansalangi.

Gumansalangi menjelaskan, semboyan 3 Pilar BPK RI adalah Independen, Profesional dan Akuntabel. "Pihak kami tidak mengintervensi kinerja BPK yang sudah memeriksa keuangan di Talaud. Kami bangga BPK hadir dengan 3 Pilar itu. Tercatat di Talaud hadirnya BPK RI, Talaud dari tahun 2005-2012 opini Disclamer, 2013 Tidak Wajar (WT), kemudian dari 2014-2015 Wajar Dengan Pengecualian (WDP), yang terakhir LHP 2016 Talaud terima Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kenapa Kabupaten Kepulauan Talaud terima WTP, karena semua aset Talaud tercatat secara administrasi dan intinya semua laporan keuangan Pemkab Talaud sudah tercatat dan baik dan sesuai dengan PP Nomor 71 Standar Akuntansi Pemerintahan," paparnya.

Gumansalangi menambahkan, komitmen Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE (SWM) sangat kuat dalam tujuan pengelolaan keuangan. Sangat layak WTP yang didapatkan Pemkab Talaud, karena kerja nyata yang sudah dilakukan oleh jajaran Pemkab Talaud dalam hal pengelolaan keuangan yang transparan.

"Keuntungan dari WTP adalah masyarakat akan merasakan pengelolaan keuangan transparansi. Tidak ada sesuatu yang disembunyikan. Karena dari hulu sampai hilir dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian, penggunaan sudah sesuai dengan sasaran yang sudah direncanakan. Yang penting komitmen Bupati tidak turun, pasti kita bisa pertahankan WTP ini," ujarnya.

Ditanyakan mengenai mempertahankan WTP ini, Gumansalangi mengatakan, bahwa komitmen Bupati tidak hanya merebut WTP tapi mempertahankan dan terus ditingkatkan dan ada kekurangan langsung diperbaiki dan ditindaklanjuti, dan yang berperan aktif dalam hal ini adalah pengawas internal dalam hal ini Inspektorat.

Terpisah, Kaban Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Drs Melksion Saweduling ME MM mengatakan, kalau melihat kondisi hari ini memang masih ada kekurangan tetapi hanya saja pada kesalahan administrasi saja. Tetapi komitmen Pemkab Talaud akan terus mempertahankan WTP.

"Kita semua berkolaborasi untuk mencapai target pimpinan dalam hal WTP. Dan kami bekerja tim yang sangat serius," sebut Saweduling. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 20 Juni 2017 ,

0 komentar for "Pemkab Talaud Akan Pertahankan Opini WTP yang Sudah Diraih"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional