Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Pemerintah Tetapkan Besok Lebaran, Jokowi: Selamat Idul Fitri 1438 H

Presiden Jokowi saat menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. /Ist

Manado, detiKawanua.com -
Pemerintah menetapkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada besok, Minggu (25/06). Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Jakarta, Sabtu (24/6/2017) petang.. Dari sidang isbat diketahui hilal sudah terilihat.

Lukman mengatakan, setidaknya ada enam petugas melaporkan melihat hilal. Mereka telah disumpah terkait dengan kesaksiannya itu.

"Seluruh peserta sidang isbat sepakat bahwa malam ini telah memasuki 1 Syawal 1438 H, besok kita akan melaksanakan Salat Id," kata Menteri Lukman saat memberikan keterangan pers bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher di Kementerian Agama.

Menurut Lukman, kesepakatan Sidang Isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan.

Sebelum Sidang Isbat, peserta sidang mendengarkan paparan posisi hilal dari seluruh wilayah Tanah Air dan penjuru dunia menjelang magrib tadi.

Sidang isbat itu juga dihadiri Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Dengan penetapan ini, maka sebagian besar umat Islam di Indonesia akan melakukan salat Idul Fitri pada besok pagi.

Di tempat terpisah, Presiden Joko Widodo langsung mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. Ucapan tersebut disampaikan Jokowi saat berkunjung ke Masjid Cipaganti, Bandung.

Video berdurasi sekitar 1 menit tersebut diunggah melalui website istanapresiden.go.id pada Sabtu (24/06). Sebelum Jokowi mengucapkan langsung selamat Lebaran, terlebih dahulu warga dan sejumlah tokoh mengucapkan selamat Lebaran.

Jokowi berharap, Lebaran dijadikan momentum untuk meningkatkan kembali rasa persaudaraan.

"Semoga di hari kemenangan ini menjadi momentum kita semuanya untuk meningkatkan kembali rasa persaudaraan kita, rasa persatuan kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air," ucap Presiden. (*/vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 24 Juni 2017 , ,

0 komentar for "Pemerintah Tetapkan Besok Lebaran, Jokowi: Selamat Idul Fitri 1438 H"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional