Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau Pratinjau
Pratinjau Pratinjau
Pratinjau Pratinjau Pratinjau

Kebutuhan Beras Pertahun di Talaud Mencapai 11Ribu Ton

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Talaud, Ir Ordik Rompah.

Talaud, detiKawanua.com - Jika 300 hektar lahan cetak sawah ditanami dan menghasilkan. Maka, dalam setahun pangan beras yang bisa disiapkan dari produksi di dalam daerah kurang lebih 1000 ton per tahun. Lewat kegiatan yang pembiayaannya bersumber dari APBN Tugas Perbantuan, pada tahun 2017 ini akan ada penanaman padi organik, hibrida dan hazton seluas 285 hektare.

"Ditambah dengan 30 hektare sekian, maka luas lahan mencapai 300 hektare lebih dan bisa menghasilkan 1000 ton beras per tahun," ujar Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Talaud Ir. Ordik Rompah, Jumat (02/06).

Di sisi lain, Rompah mengungkapkan, hasil panen padi di Kabupaten Kepulauan Talaud tidak mampu mencukupi kebutuhan masyarakat dan ketahanan pangan beras.

"Kalau hanya 1000 ton tidak cukup untuk setahun. Kebutuhan kita per tahun sekitar 11.000 ton, berarti per bulan rata- rata 900 sampai 1000 ton. Satu kali panen produksi langsung habis sebulan. Jadi kita defisit kurang lebih 9000 sampai 10.000 ton. Sehingga banyak beras yang didatangkan dari Kota Manado," ungkap Rompah.

Ia menambahkan, bahwa ketahanan pangan memang bukan selalu bergantung dari produksi dalam daerah, tetapi bagaimana menjaga alur distribusi, serta memanfaatkan makanan olahan dari pangan lokal seperti Ubi Kayu, Pisang dan Talas. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 02 Juni 2017 , ,

0 komentar for "Kebutuhan Beras Pertahun di Talaud Mencapai 11Ribu Ton"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional