Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

JWS Irup Hari Lahir Pancasila

Bupati Sajow ketika diwawancari usai peringatan Harlah Pancasila.

Minahasa, detiKawanua.com
- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (01/06) ini, di lapangan Kantor Bupati Minahasa. Bupati Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS)  memimpin langusng upacara tersebut dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dalam penyampaiannya, Bupati JWS mengatakan, Pancasila merupakan hasil dari suatu kesatuan proses yang dimulai dari rumusan Pancasila tanggal 1 Juni tahun 1945 yang dipidatokan Ir Soekarno pada Piagam Jakarta 22 Juni 1945, dan rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945.

"Pancasila adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekan dari seluruh pelosok Nusantara, sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita semua," kata JWS

Lebih lanjut, JWS mengingatkan, bahwa kodrat bangsa Indonesia, takdir Tuhan untuk kita dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan, dan golongan, bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhinekaan kita.

"Kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebhinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan serta tindakan yang mengancam kebhinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila," terang JWS

Ditambahkan JWS, masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media online yang menggaungkan hoax alias kabar bohong.

"Kita perlu belajar dari negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, dan perang saudara. Dengan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945 kita terhindar dari masalah tersebut," tandas JWS mengakhir pembacaan Pidato Presiden Jokowi

Hadir dalam uparaca tersebut, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundauang, Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair, Perwakilan Kodim 1302, Perwakilan Kejari Tondano, SKPD, dan ASN Minahasa. (*/Sandy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 01 Juni 2017 , ,

0 komentar for "JWS Irup Hari Lahir Pancasila"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional