Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Eyang: DPD RI Dukung Penuh Forkonas PP-CDOB

Pertemuan Forkonas PP-CDOB dengan DPD-RI. /Ist

Boltim, detiKawanua.com -
Delegasi Forum Komunikasi Nasional Percepatan Pembentukan Calon Daerah Otonomi Baru (Forkonas PPCDOB) se Indonesia, Senin (05/06) pukul 14.00 WIB, bertandang ke Kantor Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Dipimpin langsung oleh Ketua Umun Forkonas PP CDOB Sehan Salim Landjar SH, kedatangan delegasi ini diterima langsung oleh Ketua DPD RI, Osman Sapta Odang di ruang kerjanya.

Pada pertemuan ini, Ketua DPD RI didampingi oleh Ketua Komite dan Wakil Ketua, Mukoam dan Beny Ramdhani. Sedangkan, anggota delegasi yang datang berjumlah 34 orang dari 34 provinsi se Indonesia.

Menurut Ketua DPD RI, pemekaran daerah adalah salah satu cara untuk memajukan pembangunan di daerah, sampai saat tidak ada daerah yg dimekarkan yang jadi miskin dan kembali pada daerah induk. Jadi tidak ada alasan pemerintah untuk tidak menyetujui usulan pemekaran. "Kalau sudah memenuhi persyaratan sesuai aturan maka pemerintah harus menyetujuinya. Tidak boleh lagi ada alasan anggaran dan sebagainya. Karena UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemda sudah jelas, bahwa pembiayaan CDOB masih mengikat kepada daerah induk, jadi tdk akan mengganggu fiskal atau keuangan negara. Bahkan daerah pemekaran sudah terbantukan dengan Dana Desa," tegasnya.

Di sisi lain, Ketua Forkonas PP CDOB Sehan S Landjar SH mengatakan, kedatangan timnya disambut baik dan didukung penuh oleh Ketua DPD RI dan anggotanya. "Alhamdulillah, Ketua DPD RI dan anggotanya sangat bersyukur dan suport atas dibentuknya Forkonas PP CDOB ini," kata Sehan usai pertemuan tersebut.

Bahkan menurut Eyang (sapaan akrab sehan), dengan tegas Ketua DPD RI meminta agar forum yang sudah dibentuk, segera diformalkan, dengan kata lain memiliki badan hukum. "Insya Allah dalam waktu dekat DPD RI akan memfasilitasi Forkonas PP CDOB akan melakukan konsolidasi secara Nasional terkait usulan pemekaran, sedangkan seluruh panitia pemekaran di masing-masing daerah akan diundang. Selain itu, juga akan mengundang Gubernur, Bupati, Walikota yang terdapat usulan pemekaran, kurang lebih agenda ini bakal menghadirkan enam ribu orang," ujarnya.

Eyang juga menerangkan, agenda tersebut rencananya akan dilakukan dua minggu setelah lebaran. "Kesepakatannya agenda ini akan dilaksanakan dua minggu usai Lebaran Idul Fitri. Hal ini sudah sesuai perencanaan dan kesepakatan dari DPD RI dan Forkonas PP CDOB. Tidak lupa saya dan pengurus Forkonas PPCDOB, berterima kasih kepada Ketua DPD RI Bapak Osman Sapta Odang dan Anggota DPD RI Beny Ramdhani, yang telah membantu kami dalam perjuangan menuju harapan rakyat di daerah," tutup Eyang.

Terinformasi, pertemuan dengan DPD RI ini merupakan rencana Forkonas usai pengukuhan akhir pekan lalu. Rencananya, Forkonas juga bakal bertemu langsung Presiden untuk menyampaikan program kerjanya. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 05 Juni 2017 , ,

0 komentar for "Eyang: DPD RI Dukung Penuh Forkonas PP-CDOB"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional