Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

DKP Sulut Pastikan Ikan dan Dokumen Impor Aman di Pasar, Supermarket dan Rumah Makan

Sulut, detiKawanua.com - Inspeksi mendadak (Sidak) akan ketersediaan ikan beserta tes kontaminasi zat formalin dan dokumen ikan Import di pasar modern atau supermarket serta sejumlah rumah makan di wilayah Kota Manado, melalui tim gabungan antara, Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Sulut, Penyidik Kementerian Kelautan Perikanan/Ditjen dan Polda Sulut, pada Rabu (21/06) pagi hingga siang tadi oleh tim menyatakan ketersediaan ikan di beberapa tempat seperti Fress Mart, Transmart Bahu dan Hypermart Mantos 1 masih dalam kategori aman dari bahan formalin. Dimana sidak tersebut kemudian berlanjut ke Megamas Manado.

Kepala Dinas KP Sulut, Ronald Sorongan melalui Bidang Pemanfaatan Ruang Laut dan Pengawasan Sumber Daya KP, Christie Saruan mengatakan tim telah melakukan pengujian tes formalin dan belum menemukan ada ikan yang terkontaminasi formalin.

"Sejauh ini kami juga sudah melakukan pengujian di pasar Kabupaten Kota seperti, Kotamobagu, Kalasey (Minahasa), Tanawangko dan Amurang Minahasa Selatan," terang Saruan, sembari mengatakan sidak ini merupakan bagian dari program rutin untuk menhadapi perayaan hari besar (Idul Fitri,red), jadi dalam satu tahun itu dua kali melakukan sidak disaat Idul Fitri dan Natal.

Untuk memastikan adanya dugaan kontaminasi formalin dan tidak layak dikonsumsi, kata Christie pihaknya mempunyai alat dari Surabaya (tes Quantofix,red) dengan kapasitas mengetahui melalui indikator warna.

"Seperti halnya dalam tes tersebut jika indikator berwarna Ungu berarti positif mengandung formalin dan untuk warna Cream itu aman negatif formalin aman untuk dikonsumsi," tandasnya.

Ditambahkan Penyidik Ditjen Kementerian Kelautan Perikanan, Ronald bahwa untuk kategori pewarnaan tersebut minimal berdasarkan hasil dari pemeriksaan awal. Kalaupun jika ditemukan positif, ikan tersebut akan diambil untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan di laboratorium.

"Jika memang begitu (ada temuan/positif formalin,red) maka dilakukan pemeriksaan lebih dalam lagi, karena pada dasarnya kita menciptakan ikan yang lebih aman untuk dikonsumsi," tambah Ronald sembari memperkirakan pada sekarang ini juga ada dugaan kapal penumpang tapi didalamnya disisipkan ikan yang tidak tau berasal dari mana, oleh karena itu tim perlu memeriksa dokumen ikan-ikan yang diduga berasal dari luar seperti ikan Salmon.

Hadir dalam sidak di Hypermart yakni GManager Store Hypermart, Wahab Yana.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 21 Juni 2017 , , ,

0 komentar for "DKP Sulut Pastikan Ikan dan Dokumen Impor Aman di Pasar, Supermarket dan Rumah Makan"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional