Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Disdik Gelar Sosialisasi Pendidikan Keluarga Harus di Awali Dari Dalam Rumah

Kadis Pendidikan Mitra Djely Waruia SPt MM saat membuka kegiatan.

Mitra, detiKawanua.com - Dinas pendidikan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) lewat Bidang PAUD dan Dikmas menggelar sosialisasi pentingnya pendidikan keluarga yang dilaksanakan di salah satu restoran tombatu pada Kamis (08/06) kemarin.

Salah satu narasumber yakni Serli Sorongan dari Dinas Pendidikan Provinsi menegaskan pentingnya pendidikan yang diawali di dalam keluarga. "Nantinya itu yang menjadi fondasi dalam tumbuh kembangnya anak di dalam keluarga, maka diharapkan sosialisasi ini dapat diterapkan di dalam kehidupan berkeluarga, bagaimana orang tua itu bisa menjadi pendidik," ungkap Sorongan.

Sebelumnya Djely Ratulangi salah satu instruktur yang ada di kabupaten Mitra, meminta agar orang tua memahami tumbuh kembang anak serta melakukan deteksi dini perilaku anak begitu juga memperhatikan perkembangan otak anak. "Orang tua harus paham setiap perkembangan anak, itu kunci bagaimana peran orang tua yang baik kepada anak," ucapnya.

Pemateri selanjutnya Aria Ahmad Mangunwibawa dari Direktorat Pendidikan Keluarga, Dirjen PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan, dalam presentasinya pada sosialisasi yang digelar di salah satu restoran di Tombatu menyebutkan, anak perlu mendapatkan pendidikan yang tepat, dan untuk mewujudkannya perlu adanya peran aktif orang tua maupun guru di sekolah.

"Perlu ada sinergitas antara orang tua dan guru dalam mendidik anak. Perilaku anak harus diketahui oleh orang tua dan guru sehingga didapat metode yang tepat untuk mendidik anak," ujar Aria.

Menurut Aria, sesuai dengan azaz tri pusat pendidikan, sektor keluarga, masyarakat dan sekolah harus saling bersinergi dalam mendidik anak. "Perlu diketahui, pendidikan keluarga merupakan pendidikan  yang  pertama dan utama, yang  memiliki  pengaruh  besar terhadap  prilaku  individu. Kondisi saat ini, orang tua sebagai  pendidik  pertama dan  utama  belum siap, termasuk belum adanya sinergi dengan sekolah. Ini yang menjadi salah satu alasan, sehingga Kementerian pendidikan melaksanakan sosialisasi pendidikan keluarga," tandas Aria.

Sementara itu Kadis Pendidikan Mitra Djely Waruis SPt MM saat membuka kegiatan yang diikuti oleh para pimpinan Paud dan TK, serta kepala sekolah SD, SMP dan pengawas se Kabupaten Mitra ini, berharap sosialisasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh peserta. "Sehingga hasil yang didapat bisa diimplementasikan di unit kerja maupun lingkungan masing-masing," ungkap Waruis.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Disdik Mitra, Sara Kindangan SPd MPd menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini penting dilakukan sebagai tindaklanjut dari program kementerian Pendidikan. "Lewat sosialisasi ini, peserta diharapkan dapat mengetahui cara penyusunan petunjuk pelaksanaan kegiatan pendidikan keluarga," tukas Sara. (Indri Rambi)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 09 Juni 2017 , ,

0 komentar for "Disdik Gelar Sosialisasi Pendidikan Keluarga Harus di Awali Dari Dalam Rumah"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional