Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Bupati SWM Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-72 tahun di Talaud

Manalip: Jaga Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Sekitar Kita



Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Manalip saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017. /Red

Talaud, detiKawanua.com - Kamis (01/06) kemarin, adalah hari lahirnya Pancasila yang diperingati dengan melaksanakan upacara di seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang pertama kalinya dilaksanakan se-Indonesia ini, bertujuan untuk menguatkan ideologi negara yang dalam keberagaman, mampu mempersatukan kehidupan berbangsa dan bernegara. Di Kabupaten Kepulauan Talaud, pelaksanaan upacara berlangsung di Kota Melonguane yang dipusatkan di Lapangan Sangkudiman, dan dihadiri ratusan peserta dari berbagai unsur, antara lain jajaran Pemerintah Daerah, Forkopimda, Siswa Siswi, TNI/Polri, dan elemen lainnya.

"Upacara ini meneguhkan komiten kita, agar lebih mendalami, menghayati dan mempertahankan nilai- nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir Soekarno, Piagam Jakarta 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945, adalah jiwa besar para founding father, para ulama, dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara. Sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Harus diingat, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah adalah juga keberagaman, sebagai etnis bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan, dan golongan, bersatu padu untuk Indonesia. Itulah Bhinneka Tunggal Ika," kata Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada sambutan dalam rangka Harlah Pancasila 1 Juni 1945 - 1 Juni 2017, yang dibacakan langsung oleh Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE saat bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Unsur Forkopimda Kabupaten Talaud, Pimpinan SKPD, dan TNI/Polri saat berlangsungnya Peringatan Harlah Pancasila, Jumat (01/06). /Red

Salah satu hal penting yang disampaikan Presiden dalam sambutannya, adalah pengaruh media sosial yang menggaungkan hoax atau kabar bohong, dan berbagai hal negatif seperti paham radikalisme dan intoleran.

"Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme, dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal lka, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil, dan makmur, di tengah kemajemukan," tambah orang nomor satu di Republik ini.

Paskibraka tengah menaikkan Sang Saka Merah Putih saat Peringatan Harlah Pancasila. /Red

Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan, dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

"Namun demikian, kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang anti-Pancasila, anti-UUD 1945, anti-NKRl, anti-Bhinneka Tunggal Ika. Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi lndonesia.

Nampak peserta upacara Peringatan Harlah Pancasila di Lapangan Sangkudiman,
Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud. /Red

Di akhir sambutan, Presiden mengajak untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari- hari. "Tidak ada pilihan lain, kecuali bahu membahu menggapai impian bangsa. Menyatukan hati, pikiran, dan tenaga, kembali ke jati diri bangsa. Kita harus selalu waspada terhadapa pemahaman atau organisasi yang anti Pancasila. Sekali lagi, jaga kedamaian, jaga persatuan, jaga persaudaraan di antara kita. Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua anda Indonesia, semua anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila," tutupnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Talaud Frets Latjandu SP mengatakan, dalam bingkai NKRI sehubungan dengan memperingati hari lahirnya Pancasila ini, yang perlu ditekankan adalah bagaimana kita bisa hidup dalam persatuan dan kesatuan agar dalam menjalankan seluruh rangkaian kegiatan sehari-hari. Jika ini bisa kita aplikasikan, niscaya aman dan damai bisa kita miliki bersama. Tentunya dengan menciptakan situasi yang kondusif semua aktifitas akan berjalan lancar.

Foto bersama usai Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-72, 1 Juni 2107. /Red

"Jagalah keamanan dan ketertiban selalu di lingkungan masing-masing kita, dan hindari pertikaian yang akan menghasilkan pertengkaran. Sangat penting bagi kita semua masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud untuk kembali menghayati dan mengamalkan serta mempraktekan maksud dari ideologi negara kita Republik Indonesia, agar ancaman terhadap kita dalam hal budaya asing ataupun terorisme bahkan paham radikalisme bisa kita lawan," ujar Latjandu sebagai Juru Bicara Pemkab Talaud. 

"Diharapkan dalam memaknai hari lahirnya Pancasila dan menjelang tahapan Pilkada Talaud yang tahapannya akan dimulai dalam tahun ini, kiranya masyarakat tetap menjaga juga keamanan. Dan ketika menyikapi persoalan yang terjadi di lingkungan sekitar, kiranya itu dapat dibicarakan dengan baik agar pelaksanaan momentum penting di Tanah Air kita ini bisa berjalan dengan baik. Karena Kita Indonesia, Kita Provinsi Sulawesi Utara, Kita Kabupaten Kepulauan Talaud, Kita Pancasila. Atas nama Pemkab Talaud Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancila ke-72 tahun," pungkasnya. (RhojakFM/Adv)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 02 Juni 2017 , , ,

0 komentar for "Bupati SWM Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-72 tahun di Talaud"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional