Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Silaturahim dari Rumah ke Rumah, Gubernur Olly Ikut Prosesi Besar IWAD Kampar Bersama Warga

Manado, ,detiKawanua.com - Salah satu tradisi besar tahunan masyarakat Kampung Arab (Kampar) Kelurahan Istiqlal Manado pada hari kedua hari raya Idul Fitri adalah melangsungkan prosesi IWAD, yang artinya Tawaf (jalan kaki keliling, red) untuk bersilaturahim dari rumah ke rumah diringi alat musik Rabana, yang dalam rombongan tersebut terdapat para pemuka agama/Imam, tokoh masyarakat serta para masyarakat Kampar mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Adapun dari pantauan detiKawanua.com, IWAD Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017 yang berlangsung di Kampar pada Senin (26/06) yang dimulai sekitar pukul 09.00 WITA pagi tadi, selain berjalan sangat meriah juga dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Sekprov Edwin Silangen, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Kamenag Sulut Suleman Awad, beserta Fokopimda Sulut.

Di mana rombongan Gubernur pada kegiatan silaturahim itupun disambut baik sambil diiringi musik Rabana berjalan masuk keluar lorong, dari rumah ke rumah, serta langsung bersalaman dengan para warga yang ada di jalan dan juga melalui Imam Masjid Istiqlal Taha Bachmid pun membacakan doa bersama yang dilanjutkan dengan ucapan selamat datang bagi Gubernur dan rombongan, yang juga pada kesempatan itu oleh Gubernur Olly pun memberikan sambutan pemerintahan, bahwa dirinya (Gubernur,red) baik secara pribadi maupun pemerintah sangat bahagia bisa bersama-sama dengan warga Kampung Arab dalam prosesi IWAD tahun ini. Dengan harapan selaku pemerintah provinsi Sulut, dengan kegiatan-kegiatan seperti ini bisa lebih memperkuat tali silaturahim dan kerukunan di daerah Sulawesi Utara.

"Saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin, bagi umat Islam di Sulawesi Utara pada umumnya, dan khusunya bagi masyarakat Kampung Arab, yang pada hari ini juga telah menyelenggarakan IWAD," ucap Gubernur.

Salah satu warga Kampar Faisal K, dalam unggahan video di Media Sosial Facebook yang sempat menjadi viral, pun menuliskan 'IWAD Kampung Arab bersama Gubernur dan Kapolda Sulut.

"IWAD : Tradisi dari dulu hingga sekarang tawaf hari kedua lebaran idul fitri. Keliling kampung dari rumah ke rumah yang hanya dilakukan oleh warga Istiqlal Kampung Arab Manado, dibacakan doa oleh Imam Masjid Istiqlal Ami Taha Bachmid, untuk itu mari kita saling memaafkan, Taqabbalallahu minna waminkum wa ahalahullahu 'alaik. Taqabbal yaa kariim," tulis Faisal, sembari pula melalui Syafiq Opick pun menuliskan Tawaf bareng Gubernur Sulut (sambil memberikan icon jempol hebat,red).

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 26 Juni 2017 , ,

0 komentar for "Silaturahim dari Rumah ke Rumah, Gubernur Olly Ikut Prosesi Besar IWAD Kampar Bersama Warga"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional