Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau Pratinjau
Pratinjau Pratinjau
Pratinjau Pratinjau Pratinjau

Soal UKS, Toilet dan Air Bersih Kata Wagub Dasar Kesehatan di Sekolah


Manado, detiKawanua.com - Ketua tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw dalam membuka kegiatan Pemantapan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota se Provinsi Sulut 2017, yang dilaksanakan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Sulut di ruang Tumbelaka Kantor Gubernur, Jumat (05/05) siang tadi mengatakan pentingnya upaya-upaya peningkatan kesehatan bagi anak-anak terutama di ruang lingkup sekolah, dengan adanya penyediaan toilet dan sarana penyediaan air bersih.

"Pada hari ini persoalan kesehatan sejak usia dini dengan menciptakan konsep kultur dan nilai kesehatan bagi anak-anak sekolah. Alangkah bahagia kita mencegah dari hulu karena sekarang banyak ditemui pemandangan dirumah-rumah sakit. Bayangkan juga jikalau nantinya sampai harus melakukan cuci darah. Kita sebagai pemerintah dari awal sudah mewanti-wanti bagi generasi pemuda untuk peliharah kesehatan," terang Wagub, yang didampingi Kepala Biro Kersa, Kartika Devi Kandouw Tanos dan Kepala Dinas Pendidikan Perwakilan Daerah (Dikda) Sulut, A.G Kawatu.

Dikatakannya juga bahwa melalui Gubernur Sulut (Olly Dondokambey) telah memerintahkan Dikda Sulut untuk memfasilitasi pembangunan infrastruktur di SMA/SMK terutama penyediaan toilet dan air bersih.

"Kedepan ini tidak hanya untuk SMA/SMK namun upaya peningkatan UKS juga mencakup wilayah pendidikan seperti, PAUD/TK, SD serta SMP juga sehingga, himbauan kami soal kesehatan UKS akan program-program infrastruktur fisik termasuk toilet dan air bersih itu merupakan peningkatan kesehata dalam sekolah," ungkap Kandouw yang juga Wakil Gubernur Sulut itu sembari menambahkan, paling tinggi anggaran pembangunan toilet itu Rp 100 juta sudah bagus dan air bersih paling Rp 50 juta. 

"Ini harus jadi gerakan kita dimana sudah diperintahkan kepada Kepala Dinas yang berjumlah 410 SMA/SMK. 

Adapun disela-sela acara tersebut telah diserahkan hadiah juara secara simbolis pemenang kategori Sekolah Sehat Tingkat Provinsi tahun 2016 diantaranya,  SDN GMIM 2 Mandidir Bitung, SDN Bolmong, Madrasah Tsanawiyah Kotamobagu, SMA Pinogalumnan Bolmut.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 05 Mei 2017 , , ,

0 komentar for "Soal UKS, Toilet dan Air Bersih Kata Wagub Dasar Kesehatan di Sekolah"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional