Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Selain Harga Kuda Naik Ratusan Juta, Olly: Pun Bisa Jadi Objek Wisatawan

Foto: ist.
Manado, detiKawanua.com - Berniat mengembalikan kejayaaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)  di mata nasional, kejuaraan berkuda kini di Sulawesi Utara (Sulut) menurut Gubernur Olly Dondokambey, melalui pemerintah provinsi akan semakin disuport karena dengan digelarnya iven seperti ini, Sulut akan lebih dikenal bahkan ke internasional sehingga akan mengembalikan kejayaan Sulut dalam kejuaraan berkuda.
"Jadi nantinya akan ada agenda lomba-lomba berkuda, jadi otomastis turis yang ingin datang ke Manado bisa menikmatinya juga. Nah, makanya kita sekarang bersama pemerintah Kota Manado juga berencana akan meningkatkan fasilitasnya (pacuan kuda,red) untuk kelangsungan persiapan kejuaraan nasional kedepan nanti," kata Gubernur kepada wartawan usai menyaksikan sekaligus menutup kejuaraan pacuan kuda, roda sapi dan bendi, dalam rangka pekan kerukunan nasional, memperebutkan piala gubernur Sulut dan piala walikota Manado, di gelanggang pacuan kuda God Bless, Balitka Paniki Manado Sabtu (06/05).

Selain itu kata Gubernur, iven kejuaraan berkuda ini dari segi ekonomi bisa memberikan efek terhadap peternak kuda di Sulut karena kualitasnya sudah dikenal dan pastinya kedepan hingga taraf Internasional.

"Tahun 2018 nanti kami sedang mempersiapkan kejuaraan berkuda tingkat Nasional memperebutkan piala Presiden. Kita memiliki dua gelanggang pacuan kuda yakni Tompaso dan Paniki ini. Tentu dari sekarang kita harus siapkan infrastruktur memadai, pemprov siap memberi hibah demi suksesnya hajatan besar tersebut," tandas Olly.

Sementara itu melalui salah satu masyarakat yang juga merupakan peternak kuda di Minahasa, Youdi Lumintang mengakui bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada Gubernur (Olly Dondokambey) yang nantinya akan menggenjot iven-iven lomba berkuda, dimana hal itu bisa lebih meningkatkan harga jual kuda Sulut ke konsumen dari luar.
"Kuda saya dahulu pernah dibeli pak Imba (Rimba Rogi) dan pak Sualang dengan harga sekitar Rp50-an juta/ekor dan bisa sampai Rp60-an juta. Tapi,  sekarang harga kuda kami itu sampai Rp150 jutaan bahkan lebih dan itu kebanyakan dari pulau Jawa yang membeli. Jadi iven seperti ini merupakan suatu kebanggan bagi kami bahwa kuda pacu ri Sulut menjadi terkenal, apalagi kalau seperi pak Gubernur katakan akan ada turis pasti bisa sampai ke luar negeri juga pasarannya," ungkap Yuodi.

Sementara Ketua Panitia pelaksana kejuaraan berkuda tersebut, Ferry Wowor mengakui bahwa kualitas kuda yang ada di Sulut sekarang ini diukur dari kecepatan larinya rata-rata sudah memenuhi standar nasional.

"Infrastruktur lapangan juga sudah. Dan kualitas kuda, kita bisa bersaing dengan daerah lain dan tidak lagi ragu ke kanca nasional. Mudah-mudahan tahun 2017 ini menjadi momentum kejayaan kuda-kuda Sulawesi Utara," tandas Ferry Wowor.

Adapun pada kesempatan itu juga pada kejuaraan race ke 10, memperebutkan piala Walikota Manado di kelas terbuka jarak 1.850 meter, kuda milik Gubernur Olly Dondokambey atas nama Dealova HRD tampil sebagai pemenang juara satu dari 6 kuda lainnya dan mendapatkan hadiah selain piala Walikota Manado juga uang tunai Rp. 10.000.000. Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Walikota Manado Vecky Lumentut, Ketua Pordasi Sulut, Meky Onibala, beserta unsur TNI/Polri.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 07 Mei 2017 , , ,

0 komentar for "Selain Harga Kuda Naik Ratusan Juta, Olly: Pun Bisa Jadi Objek Wisatawan"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional