Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

RoRo Hadir di Bitung, Gubernur Olly Jelaskan Ini ke Presiden Jokowi

Sulut, detiKawanua.com - Layanan transportasi laut Roll-On/Roll-Off atau kapal Ro-Ro yang melewati jalur Davao-General dan Santos-Bitung, oleh Presiden Ri Joko Widodo bersama Presiden Philipina Rodrigo Roa Duterte di Kudos Port Davao Phlipina, Minggu kemarin, dikatakan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey sangat bermanfaat terhadap mempererat hubungan kerjasama kedua negara Philipina dan Indonesia yang juga bagi Sulawesi Utara diberbagai bidang, seperti perekonomian perdagangan, kelautan, keamanan hingga parwisata.

"Kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa bisa dipertemukan dan menghadiri pada kegiatan besar ini. Sangat diluar pikiran saya pertama kali melihat kapal RoRo ini (saat pengesmian di Philipina,red) ternyata begitu besar. Dan waktu disela-sela kegiatan bersama Pak Presiden kemarin, saya dipanggil Pak Presiden dan melakukan dialog bersama Presiden Duterte (Philipina,red)," ungkap Gubernur dalam sambutan acara penyambutan pelayaran perdana Kapal RoRo di Pelabuhan Bitung, Selasa (02/05) siang tadi.

Lanjut Olly, dalam dialog tersebut sempat juga ditanyakan oleh Presiden bahwa apa nantinya yang akan dimasukkan (angkut,red) kedalam kapal itu.

"Pak Presiden mungkin ada keraguan dalam pertanyaan itu, namun saya jawab dan yakinkan pak Presiden bahwa hal itu tenang saja yang penting ada syaratnya yakni ada dukungan dari Kementerian Perdagangan dan tidak hanya Kementerian Perhubunagan dan Kementerian Kelautan. Langsung, saja pak Presiden menghubungi Menteri Perdagangan, dan sebagai tindaklanjut sangat bersyukur pada hari ini hadir tiga Dirjen dari Kementerian Perdagangan langsung. Seperti membuka jalur kerjasama pariwisata dengan Cina, awalnya ada keraguan, namun dengan niat dan usaha pada akhirnya berjalan baik bahkan meningkat. Saya kira soal barang jangan kuatir, tetap kapal ini akan ada muatanya," kata Olly, sembari mengatakan untuk sementara kapal RoRo tersebut akan beroperasi sekali dalam sebulan (masuk pelabuhan Bitung,red)

Dipastikannya bahwa hal kerjasama ini sangat baik juga Philipina dan Sulawesi Utara yang khususnya sekian generasi Philipina yang ada di Bitung dan begitu sebaliknya.
"Ini juga baik bagi persoalan untuk warga negara Pisang (Philipina Sanger) dan Sanger Philipina (Sapi) bisa terselesaikan. Saya kira dari beberapa sambutan dari Dirjen sudah mengatakan menjelaskan juga. Pada intinya kami (Pemerintah Provinsi) akan mengsuport bersama Forkompimda sebagaimana yang telah disampaikan kepada bapak Presiden," ujar Gubernur.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Direktur Jendral Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, Toni Budiono, Perwakilan Negara Philipina, Felipe Under yang juga Sekretaris kementerian Perhubungan Philipina, Tiga Direjn Kementerian Perdagangan RI, Sekertaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Andrei Angouw, Kapolda Sulut Irjen Pol, Bambang Waskito, jajaran Forkopimda Sulut, Walikota Bitung, Maxi W Lomban dan Wakil Bupati beserta para pelaku usaha/perusahaan.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 02 Mei 2017 , , , ,

0 komentar for "RoRo Hadir di Bitung, Gubernur Olly Jelaskan Ini ke Presiden Jokowi"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional