Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Refleksi Hardiknas, Mahasiswa Unsrat Gelar Aksi di Deprov Sulut

Unjuk Rasa Mahasiswa Unsrat di DPRD Sulut (atas), Wakil Ketua Komisi III Deprov Sulut Amir Liputo ketika menerima peserta aksi (bawah).

Manado, detiKawanua.com
- Puluhan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar aksi refleksi Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (02/05) siang.

Aksi yang diwarnai kucuran hujan deras,  mahasiswa meminta yang menerima adalah Ketua DPRD Sulut dan Ketua Komisi IV yang membidangi masalah pendidikan. "Kami minta Ketua DPRD dan Ketua Komisi IV yang menerima aspirasi kami dan tidak bisa diwakili anggota dewan yang lain," tegas Presiden BEM Unsrat Combyan Lombong Bitung dalam orasinya.

Combyan melanjutkan, tujuan aksi ini menuntut adanya pemerataan pendidikan, transparansi beasiswa, dan realisasi anggaran pendidikan yang sudah ditetapkan yaitu 20% yang realitanya berbeda dengan yang di lapangan.

Kami meminta pemerataan pendidikan dengan tenaga guru berjumlah 7000 di Sulut, kemudian harus ada transparansi penyaluran beasiswa pendidikan. Karena selama ini dari Perguruan Tinggi dan mahasiswa masih bingung apakah pemerintah provinsi ada penyaluran beasiswa, bagaimana caranya, dan berapa anggarannya? Seolah-olah terkesan ditutup. Dan yang terakhir adalah realisasi anggaran 20% di daerah seperti tertuang dalam UUD 45 pasal 33 ayat 4," jelas Combyan.

Setelah bernegosiasi dengan peserta aksi, Wakil Ketua Komisi III DPRD Sulut Amir Liputo yang menerima aksi mahasiswa Unsrat, meyampaikan semua anggota dewan sementara reses di Dapil mereka masing-masing, dan sekretariat DPRD tidak mengetahui kalau hari ini ada aksi dari mahasiswa.

"Unjuk rasa harus ada pemberitahuan walaupun lisan, agar pimpinan DPRD dapat menugaskan kepada pihak terkait. Dalam masa reses semua anggota dewan harus ada di lapangan, akan tetapi kedatangan saudara-saudara di rumah rakyat harus diapresiasi, karena hari ini adalah momentum Hardiknas," terang Liputo.

Legislator Sulut dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari Dapil Kota Manado ini  berjanji, akan menindaklanjuti aspirasi mahasiswa untuk disampaikan pada Pimpinan DPRD.

"Aspirasi kalian saya terima dan akan disampaikan pada pimpinan Dewan. Pada tangal 10 Mei kami akan menggelar Paripurna penyampaian hasil reses, di mana semua anggota dewan hadir dalam paripurna tersebut. Kalian bisa datang kembali dengan jumlah yang sama atau hanya perwakilan saja untuk berdialog  dengan ketua DPRD dan Ketua Komisi IV," lanjut Liputo.

Liputo juga menegaskan kepada mahasiswa, semua anggota Dewan wajib menerima unjuk rasa. Kalau Ketua DPRD Andrei Angouw dan Ketua Komisi IV James Karinda tidak mau menerima kedatangan mahasiswa sesuai yang diharapkan, Dirinya (Liputo-red) mengatakan  akan memimpin langsung peserta aksi. "Bila kalian tidak diterima oleh ketua Dewan dan pimpinan Komisi, saya yang akan memimpin langsung kalian menghadap pada beliau," tandas Liputo. (Enda)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 02 Mei 2017 , , ,

0 komentar for "Refleksi Hardiknas, Mahasiswa Unsrat Gelar Aksi di Deprov Sulut"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional