Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Perpustakaan Adalah Laboratorium Ilmu

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan talaud, Daud Malensang.

Talaud, detiKawanua.com - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Talaud Daud Malensang, S.Sos mengatakan, keberadaan perpustakaan memiliki kontribusi penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai salah satu tujuan negara seperti yang diamanatkan dalam UUD 1945.

Seiring perkembangan modernisasi, ia berharap perpustakaan di daerah tidak hanya menyediakan buku atau sumber informasi manual.

"Tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan pola pikir rakyat, membuat orang memiliki ketrampilan atau kemampuan juga adalah manfaat dan fungsi perpustakaan. Nah, perpustakaan ke depan diharapkan bukan hanya manual tetapi ada juga elektronik (internet) yang mampu mengakses jutaan informasi," kata Malensang.

Malensang menambahkan, pengajuan permintaan perpustakaan tidak hanya dibatasi untuk instansi pemerintah. Organisasi lain juga boleh mengajukan permintaan, asalkan menyediakan ruang dan mampu mengelola serta merawat berbagai fasilitas yang disediakan dan diberikan. Dalam hal pembinaan, instansinya juga siap menjadi mitra.

"Selain sekolah, di Lembaga Pemasyarakatan, rumah sakit, puskesmas, di desa ,di kecamatan, organisasi keagamaan dan organisasi lainnya bisa meminta perpustakaan. Tetapi, mereka harus bersedia membuat tempat atau ruangan untuk menempatkan buku-buku dan fasilitas lainnya, dan merawat apa yang diberikan dengan baik. DPRD dan SKPD juga bisa meminta perpustakaan," jelas Malensang.

Ironisnya, berdasarkan pantauan awak media di sejumlah sekolah dan desa yang memiliki perpustakaan, keberadaan perpustakaan tersebut dibiarkan terbengkalai beserta buku-bukunya. Perpustakaan juga tidak lagi menjadi pilihan warga dan siswa sebagai tempat mencari informasi. Mereka labih memilih mencari informasi lewat internet yang dinilai lebih praktis serta dapat dilakukan di rumah. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 12 Mei 2017 ,

0 komentar for "Perpustakaan Adalah Laboratorium Ilmu"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional