Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Ditanya Kumaat Terkait Kelompok Usaha Binaan Dinas Koperasi, Talumepa Akui Belum Ada

Teddy Kumaat saat hearing dengan Dinas Koperasi UMKM Sulut.

Manado, detiKawanua.com
- Komisi II DPRD Sulut menanyakan  pelatihan-pelatihan kelompok usaha binaan kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Sulut saat hearing atau rapat dengar pendapat mitra kerja yang dipimpin langsung Ketua Komisi Cindy Wurangian di dampingi Wakil Ketua Noldy Lamalo, Selasa (30/05).

Seperti yang ditanyakan anggota Komisi, Teddy Kumaat mengenai  kelompok binaan yang dilakukan oleh dinas koprasi sejak awal kelompok binaan tersebut  mulai merintis usaha mereka.

"Saya ingin bertanya, apakah sudah ada kelompok usaha seperti UMKM atau entrepreneurship binaan dinas koperasi yang berhasil dibina dari awal?," tanya Kumaat, sembari mengatakan, kalau belum ada berarti dinas koperasi gagal, padahal alokasi anggaran untuk dinas koperasi sejak dulu hingga sekarang tidak kecil.

Legislator PDIP Dapil Kota Manado ini juga memberikan masukan seharusnya pelatihan bisnis khusus untuk pemuda-pemuda yang ada di Kab/Kota, harus merekrut para pemuda yang mempunyai skill dan bisa dibina.

"Saya mengusulkan membuat pelatihan kepada pemuda-pemuda di kab/kota, pemuda  pelopor di mulai dari kecamatan, rekrut pelatihan skill, bina sampai jadi. Jika tidak bisa membina berarti gagal, dan untuk anggaran-anggaran tidak mubasir adakan kerjasama dengan Pemkab dan Pemkot, pilih pemuda dan adakan pelatihan khusus," usul Kumaat.

Menanggapi apa yang di tanyakan dan usulan Kumaat, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Christian Talumepa mengatakan  belum ada binaan dari UMKM, dan ini sangat miris sekali, mudah-mudahan kedepan akan ada pebinanaan, dan untuk pelatihan saat ini memang lebih banyak di lapangan dan yang sudah mengadakan pelatihan sudah masuk di perusahan di Bitung.

"Belum ada binaan dari UMKM dan untuk kerja sama dengan Kab/Kota, melihat pemuda yang punya potensial saat ini saya berpikir saya tidak akan menggunakan kerjasama dengan Kab/Kota, tapi akan memilih mitra kerja sesuai Dapil masing-masing, lebih senang kalau teman-teman  dewan, karena kalau kita melatih lebih baik dengan usulan dari Dapil masing-masing minta kerjasama dari komisi II yang ada," pungkas Talumepa. (Enda)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 30 Mei 2017

0 komentar for "Ditanya Kumaat Terkait Kelompok Usaha Binaan Dinas Koperasi, Talumepa Akui Belum Ada"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional