Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Disperindagkop Boltim Gelar Sosialisasi Kebijakan dan Pemberdayaan UMKM

Suasana saat sosialisasi UMKM.

Boltim, detiKawanua.com -
Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow Timur (Pemda Boltim), melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperaso (Disperindagkop) dan UKM menggelar sosialisasi kebijakan dan pemberdayaan tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang dibuka resmi Wakil Bupati melalui Asisten I Pemda Boltim tepat di Balai Pertemuan Umum (BPU) desa Tutuyan II.

Melalui sosialisasi ini, akan lebih memberikan semangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM, agar semakin berdaya saing serta semakin besar perannya dalam perekonomian nasional. "UMKM atau kewirausahaaan pada hakikatnya adalah sifat, ciri, dan watak seseorang yang memiliki kemampuan dalam mewujudkan gagasan inisiatif dalam dunia nyata secara kreatif," ucap Asisten I Pemda Boltim, Amin Musa mewakili sambutan Wakil Bupati, Rabu (17/05).

Maka seorang wirausaha, harus memiliki kreatifitas yang tinggi juga tetap membutuhkan sentuhan-sentuhan inovasi agar dapat bertahan. "Inovasi yang dibutuhkan yakni kemampuan dalam menambah atau manfaat suatu produk (nilai-red), dan menjaga mutu produk dengan memperhatikan market oriented atau apa yang sedang laku di pasaran," jelas Dia.

Lanjutnya, Kabupaten Boltim saat ini sedang giat-giatnya membangun dari segala sektor. Tentunya, sangat perlu peran aktif masyarakat dalam rangka memberikan kontribusi di berbagai bidang. "Nah, salah satu faktor yang sangat dominan yaitu sumber daya manusia, yang sudah barang tentu tidak serta merta lahir dari masing-masing pribadi. Namun, hal itu perlu bimbingan, pembinaan, supaya kita dapat mengetahui, ataupun pendidikan dan pelatihan secara continue serta berkelanjutan," ujarnya.

Untuk dinas terkait, katanya, tingkatkan terus sinergitas dan kerjasama antara UMKM dengan koperasi atau dengan badan usaha lainnya. "Beri dukungan dan fasilitasi, baik itu dalam peningkatan kuaalitas SDM, kelembagaan, dan usaha, serta kemudahan UMKM dalam mengakses permodalan melalui pelayanan yang cepat, mudah, dan murah," imbau Amin siang tadi.

Sementara Kepala Disperindagkop dan UMKM Boltim, Ahmad Mulyadi mengatakan, marilah para peserta UMKM dalam sosialisasi ini, untuk dapat mengikutinya secara serius agar kita dapat mengetahui bagaimana caranya usaha kita dapat meningkat sesuai dengan perkembangan pasar. "Dengan tekad yang kuat, UMKM bekerja sama dengan koperasi kita mampu meningkatkan pertumbuhan perkonomian khususnya di kabupaten Boltim. untuk itu marilah meningkatkan usaha kita bersama-sama guna mencapai tujuan tersebut," kata Ahmad.

Diketahui peserta sosialisasi, diikuti oleh puluhan pelaku usaha UKM se Boltim. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 17 Mei 2017

0 komentar for "Disperindagkop Boltim Gelar Sosialisasi Kebijakan dan Pemberdayaan UMKM"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional