Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

18 Mei, Lembaga Adat Tonsawang Toundanow Gelar Lokakarya Bahasa Daerah

Ketua Panitia Lokakarya Bahasa Daerah, Katrien Mokodaser. 

Mitra, detikawanua.com - Dalam rangka mematenkan kamus bahasa Tonsawang Toundanow serta menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) ke 10 Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Lembaga Adat Tonsawang Toundanow akan menggelar Lokakarya Bahasa Daerah.

Ketua panitia lokakarya bahasa daerah , Katrien Mokodaser kepada sejumlah awak media mengatakan, kegiatan akan dilaksanakan 18 Mei 2017 dan berlokasi di Tombatu tepatnya di rudis Bupati Mitra James Sumendap.

" Lokakarya ini untuk mengoreksi kamus yang telah di susun, yang kedepannya akan dipatenkan menjadi kamus tetap baik berupa buku maupun aplikasi," ungkap Mokodaser, Selasa (16/5).

Lebih lanjut mokodaser mengundang para pemerhati budaya yang ada baik dari sulawesi utara maupun diluar untuk bisa mengambil bagian dalam mengoreksi kamus yang sudah ada,begitu juga dengan para Hukum tua, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta para pendidik.

" Kami mengharapkan kehadiran dan keikutsertaan semua pihak untuk duduk bersama memberikan saran dan masukan, agar kamus bahasa Tonsawang bisa dipatenkan," terang Mokodaser yang juga didampingi sejumlah panitia.

Dirinya juga mengatakan kedepannya setelah dikoreksi  dan dipatenkan menjadi kamus Bahasa Indonesia ke bahasa tonsawang, bahasa tersebut juga akan menjadi mata pelajaran muatan lokal diseluruh sekolah yang ada di wilayah suku tonsawang toundanow.

" Kita sudah pernah ada kamus bahasa Tonsawang - Bahasa Indonesia sekarang bahasa indonesia ke Tonsawang agar mempermudah, dan akan dijadikan Mata pelajaran mulok di sekolah, agar bisa terus di pertahankan bahasa daerah yang ada," pungkasnya.

Sesuai informasi yang diterima, kegiatan ini sepenuhnya disponsori oleh Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap serta Maxi Rondonowu yang juga Direktur RSUP Kandou. (Indri Rambi) 

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 17 Mei 2017 ,

0 komentar for "18 Mei, Lembaga Adat Tonsawang Toundanow Gelar Lokakarya Bahasa Daerah"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional