Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Wabup Ikuti Pembekalan Kepemimpinan dari Kemendagri

Wakil Gumalangit saat mengikuti acara pembukaan pembekalan.

Boltim, detiKawanua.com
- Wakil Bupati kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Drs. Rusdi Gumalangit mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2017. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 (lima) hari, tanggal 26 April - 30 April 2017, bertempat di BPSDM Kemendagri Jakarta Selatan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur. Lewat sambutannya, Menteri menegaskan agar masing-masing Kepala Daerah perlu melakukan pengawasan khusus kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. hal ini dikatakan, mengingat peran kinerja ASN sangat penting bagi pembangunan Daerah. "Kepala Daerah harus menjadi pemimpin masyarakat, bukan hanya sebagai perangkat birokrasi. Selain itu, penting bagi kepala daerah untuk memahami Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Di dalamnya disebutkan, bahwa Presiden adalah pembina tertinggi yang bisa mengangkat atau melengserkan kepala daerah," kata Menteri.

Lebih lanjut, Dia mengatakan, bahwa pada tahun ini masih dalam masa moratorium, sehingga belum dibuka penerimaan calon ASN lewat formasi umum. "Namun, ada beberapa formasi yang dibuka tahun ini, yaitu jabatan fungsional, peneliti kesehatan, pendidikan dan formasi-formasi yang sesuai dengan kebutuhan daerah berdasarkan usulan Bupati dan Wakil Bupati guna menunjang optimalisasi pembangunan daerah itu sendiri," terangnya.

Tidak lupa Menteri berharap, agar kegiatan tersebut, bisa bermafaat khususnya bagi peserta agar apa yang telah didapat lewat pembekalan dimaksud, bisa diterapkan di daerah masing-masing. "Semoga ini bermanfaat untuk peserta khususnya. Sehingga, apa yang sudah diberikan oleh setiap fasilitator, dapat berguna dan bisa diterapkan atau menjadi amanah di daerah masing-masing," tutup Menteri.

Di sisi lain, Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya Kemendagri dan Kepala BPSDM, yang telah melaksanakan agenda kegiatan tersebut. "Terutama ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Gubernur dan Bupati Boltim, yang ikut mensuport serta memberikan perintah tugas kepada Saya untuk ikut dalam kegiatan ini," ujar Wabup.

Menurut Wabup, kegiatan seperti ini sudah menjadi kewajiban untuk diikuti para Bupati maupun Wakil Bupati yang baru saja dilantik pada tahun 2015 silam. "Bagi Saya sendiri selaku Wakil Bupati Boltim, mudah-mudahan dengan dukungan dan doa masyarakat, dengan bekal materi yang didapat lewat kegiatan ini, insya Allah bisa diaplikasikan ke daerah Boltim demi pembangunan daerah serta kesejahteraan masyarakat Boltim ke depan," terang Wabup Rusdi. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 27 April 2017 ,

0 komentar for "Wabup Ikuti Pembekalan Kepemimpinan dari Kemendagri"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional